PELAKSANAAN KONSELING BAGI ANAK USIA SEKOLAH SD/MI

Authors

  • Sarbaini Sarbaini IAIN Kerinci
  • Gusril Kenedi IAIN Kerinci
  • Afnibar Afnibar UIN Imam Bonjol Padang
  • Ulfatmi Ulfatmi UIN Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23168

Keywords:

Guru, Siswa, Bimbingan Konseling, Anak

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang sistematis membimbing dan membentuk kepribadian melalui proses pendidikan dengan tahap-tahap yang berkesinambungan menurut ukuran-ukuran yang disepakati secara normative. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah studi kepustakaan atau literatur review. Pencarian literatur nasional dan internasional dialkukan dengan sumber data yang diperoleh dari database Google Scholar, Peraturan peraturan di Indonesia, serta buku-buku . Dalam proses mencari literature yang sesuai dengan pembahasan, peneliti menggunakan kata kunci “Layanan Bimbingan dan Konseling”, dan pelaksanaan Konseling Bagi Anak Usia Sekolah SD/MI” Memahami karakteristik anak-anak merupakan suatu keharusan bagi guru dan orang tua untuk bisa mendidik dan membimbing anak kearah yang lebih baik. Bagi guru harus dapat menerapkan metode pengajaran yang sesuai dengan keadaan siswanya maka sangatlah penting bagi seorang pendidik mengetahui karakteristik siswanya. Selain karakteristik yang perlu diperhatikan kebutuhan peserta didik..Bimbingan konseling di SD diperlukan untuk membantu siswa dalam menyelesaikan masalah dan mengembangkan potensinya. Selain itu guru bimbingan dan konseling juga  akan membantu guru kelas dalam memberikan bimbingan dan pelayanan bagi siswa sekolah dasar agar layanan bimbingan dan konseling lebih maksimal lagi. Anak usia sekolah dasar memerlukan perhatian khusus agar siswa dapat mencapai prestasi belajar dan segenap potensi yang dimiliki siswa dapat ber-kembang secara optimal tanpa mengalami hambatan dan permasalahan yang cukup berarti.

References

A.S Rosa dan Salahuddin M. (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Modula, Bandung, 21.

Amani, A. (2018). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Memotivasi Belajar Siswa Smp N 15 Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 15(1), 20–34. https://doi.org/10.14421/hisbah.2018.151-02

Barnawi dan Mohammad Arifin. (2012). , Buku Pintar Mengelola Sekolah (Swasta). Jogjakarta: Ar-Ruz Media, 53.

Djaman Satori. 2007. (n.d.). Profesi Keguruan. Jakarta. Universitas Terbuka.

Fadhillah, D. (2022). Manusia dan Pendidikan dalam Sudut Pandang Filsafat Pendidikan Islam: Literature Review. Rausyan Fikr?: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 18(2), 46–57. https://doi.org/10.31000/rf.v18i2.6822

M. Ngalim Purwanto. (2001). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda.

Nuraini, R. S. R., Anwar, K., & Aminah. (2020). Meningkatkan motivasi belajar dengan konseling kelompok dengan teknik self-management di smp negeri 4 murung pudak. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur?: Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(1), 26–31. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR

Nurhayati, N., & Pw, S. N. (2019). Optimalisasi Peran Dan Fungsi Guru Bimbingan Dan

Konseling Dalam Implementasi Kurikulum 13. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 2(2), 147. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n2.p147-154

Permendikbud Nomor 111 tahun 2014. (n.d.).

Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007. (n.d.).

Prayitno. (2009). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Putra.

Sunarto dan B. Agung Hartono. (2002). Perkembangan Peserta Didik,. Jakarta: Rineka CIpta, 4

Tohirin. (2008). Bimbingan dan Konseling di Madrasah. Jakarta: Utama Offset, 25.

UU No. 20 tahun 2003. (n.d.).

Yusida Imran dan dkk. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Padang: Sekretariat PGRI Sumbar, 23.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Sarbaini, S., Kenedi , G. ., Afnibar, A., & Ulfatmi, U. (2023). PELAKSANAAN KONSELING BAGI ANAK USIA SEKOLAH SD/MI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3860–3868. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23168

Most read articles by the same author(s)