ANALISIS TERHADAP PERMASALAHAN PENDIDIKAN ISLAM DI PESANTREN, MADRASAH DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Sarbaini Sarbaini IAIN Kerinci
  • Lisa Candra Sari IAIN Kerinci
  • Zulmuqim Zulmuqim UIN Imam Bonjol Padang
  • Muhammad Zalnur UIN Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23167

Keywords:

Pendidikan, Pondok Pesantren, Madrasah

Abstract

Pendidikan adalah sebuah proses, sekaligus sistem yang bermuara pada pencapaian kualitas manusia tertentu yang dianggap dan diyakini sebagai kualitas idaman. Berbagai permasalahan di atas dapat diidentifikasi terletak pada input, proses ataupun output pada lembaga pendidikan. Hal ini harus segera ditangani dan dicarikan solusi pemecahannya untuk menciptakan pendidikan nasional yang lebih berkualitas. Pesantren, Madrasah dan sekolah merupakan lembaga penyelenggara pendidikan di Indonesia . Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru Ponpes Nurul Haq tingkat MA dan MTsN 1 Kerinci. Lokasi penelitian di  Ponpes Nurul Haq tingkat MA dan MTsN 1 Kerinci. Hasil penelitian adalah Pelaksanaan pendidikan Islam di Pesantren dan Madrasah telah ada dari dahulunya. Kedua lembaga ini muncul dengan dilatar belakangi oleh kebutuhan yang berbeda antara satu sama lain. Dalam pelaksanaan pendidikan Islam kedua lembaga ini memiliki ciri khas atau corak yang berbeda antara satu sama lain. Pesantren lebih dominan Ilmu agamanya, sekolah lebih dominan ilmu umumnya. Sementara madrasah berada di antara kedua hal tersebut. Permasalahan pendidikan Islam di Pesantren dan Madrasah pada dasarnya masing-masing lembaga memiliki problematika dalam melaksanakan pendidikan Islam-nya. Ada sebagian dari problematika tersebut yang sama, namun tidak sedikit pula yang berbeda, sesuai dengan distingsi dari masing-masing lembaga pendidikan tersebut.

References

Abubakar, I. (2018). Strengthening Core Values Pesantren as a Local Wisdom of Islamic Higher Education Through Ma’had Jami ’ah. IOP Conference Series?: Earth and Environmental Science, 1–7. 1–7.

Agus Maimun dan Agus Zainal Fitri. (2010). Madrasah Unggulan: Lembaga Pendidikan Alternatif Di Era Kompetitif. Malang: UIN Maliki Press, 7.

Ariski Nuril Indah, Isna Niah, and M. K. R. (2018). Tantangan Dan Solusi Bagi Madrasah Dan Pesantren Dalam Menghadapi Era Globalisasi,” Tarbiyah Wa Ta’lim. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 7–13.

Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul

Haryanto, R. (2017). Pemberdayaan Santri Pondok Pesantren Musthawiyah di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan-ISSN, 9(2), 2597–2940.

Jamal Ma?mur Asmani. (2013). Kiat Melahirkan Madrasah Unggulan: Merintis Dan Mengelola Madrasah Yang Kompetitif. Yogyakarta: Diva Press, 81.

Lisdaleni, dwi noviani. (2022). PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM DI PESANTREN DAN MADRASAH DI ERA GLOBALISASI. 2(4).

M. Arifin Barnawi. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta?: Ar-Ruzz Media, 23.

Mastuhu. (2009). Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Logos, 57–58.

Muzayyin Arifin. (2019). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 172.

Undang _ Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).

Walidin, W., Saifullah, & T. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.

Zamroni. (2000). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Gigraf Publishing, 90.

Zulmuqim. (2013). Filsafat Pendidikan Islam (Konsepsi, Prinsip Dan Aplikasi. Ed. Hayfa Press (Padang: Hayfa Press, 28.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Sarbaini, S., Sari, L. C. ., Zulmuqim, Z., & Zalnur, M. . (2023). ANALISIS TERHADAP PERMASALAHAN PENDIDIKAN ISLAM DI PESANTREN, MADRASAH DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3853–3859. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23167