KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS

Authors

  • Sarbaini Sarbaini Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24083

Keywords:

Pendidikan, Keluarga, Orang tua

Abstract

Pendidikan adalah usaha meningkatkan diri dalam segala aspeknya. Pendidikan merupakan suatu yang integral dari kehidupan. Keluarga dalam Islam merupakan amanah yang harus dipertanggung jawabkan di hadapan Allah Swt. Seoarang muslim dimotivasi untuk senantiasa berupaya dengan sungguh-sungguh dalam membina keutuhan dan keharmonisan serta kebahagiaan dan kesejahteraan keluarganya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan kajian yang terfokus pada “ Konsep Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah studi kepustakaan atau literatur review. Pencarian literatur nasional dan internasional dialkukan dengan sumber data yang diperoleh dari database Google Scholar, Peraturan peraturan di Indonesia, serta buku-buku . Dalam proses mencari literature yang sesuai dengan pembahasan, peneliti menggunakan kata kunci “Konsep Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Al-Qur’an ”, dan Konsep Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Hadits. Berdasarkan uraian dalam tulisan ini, dapat dipahami bahwa konsep dasar pendidikan keluarga secara umum bertujuan untuk melahirkan lingkungan pendidikan bagi anak sebagai peserta didik dalam keluarga, dimana orang tua (ayah dan ibu) berperan sebagai pendidik. Hasil dari proses pendidikan tersebut, ialah seorang anak diharapkan mendapatkan gambaran awal yang menjadi representasi dalam kehidupannya.

References

Abd.Basir. 2019. Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Al-QUran. Vol. 8.

Ahmad. 2019. “Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Hasan Langgulung Dan Relevansinya Dengan Pengembangan Kesehatan Mental Keluarga.” Seminar Prosiding 369–629.

Anon. n.d. “Undang _ Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.”

Daradjat, Zakiah. 2010. “Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah.” Jakarta: Ruhana 122.

Dian, Lestari. 2016. “Eksistensi Perempuan Dalam Keluarga.” Muwazah 8(2).

Hasbullah. 2006. “Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.” Jakarta?: Raja Grafindo Prrsada 38.

Jailani. 2014. “Teori Pendidikan Keluarga Dan Tanggung Jawab Orang Tua.” Jutnsl Nadwa, 8(22).

Kadar M. Yusuf. 2011. “Tafsir Tarbawi.” Pekan Baru: Zanafa Publising 188.

M.Quraish Shihab M.Quraish. 2005. “Tafsir Al-Misbahngerang: Lentera Hati.” 14(3):237.

Mantep Miharso. 2004. “Pendidikan Keluarga Qur’ani.” Yogyakarta: Safiria Insania Press 123.

Mufatihatut Taubah. 2015. “Pendidik Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(1).

Ni’mah Eni Shofiatun. 2011. “Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Al-Quran.” Tesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Srifariayati. 2016. “Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Al-Quran Dan Hadis.” Jurnal Madaniyah 2.

Subianto, Jito. 2013. “Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas.” Edukasia?: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8(2):331–54. doi: 10.21043/edukasia.v8i2.757.

Syam, Suardi. n.d. “Potensi Jurnal Kependidikan Islam.” Pekanbaru: Fakultas Tarbiyah IAIN Sulta Syarif Kasim 32.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Sarbaini, S. (2023). KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 1001–1007. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24083