KONSELING DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Devi Syukri Azhari UPI YPTK Padang
  • Afnibar Afnibar UIN Imam Bonjol Padang
  • Ulfatmi Ulfatmi UIN Imam Bonjol Padang
  • Gusril Kenedi UIN Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22821

Keywords:

Konseling, Perguruan Tinggi, Mahasiswa.

Abstract

Di perguruan tinggi, bimbingan dan konseling sangat dibutuhkan oleh mahasiswa untuk membantu mereka dalam memilih program studi atau jurusan yang mereka pilih. Hal ini sangat penting karena banyak mahasiswa tidak memahami dan kurang informasi tentang jurusan yang mereka pilih, sehingga mereka akhirnya pindah dari jurusan yang sudah mereka pilih atau bahkan bertahan di sana tetapi dengan prestasi yang buruk. Selain itu, tujuan bimbingan dan konseling di perguruan tinggi adalah untuk membantu mahasiswa menilai dan menganalisis diri mereka sendiri, serta hubungannya dengan pemahaman mereka tentang dunia kerja dan keputusan yang akan mereka ambil. Jenis layanan dan kegiatan pendukung bimbingan dan konseling di perguruan tinggi termasuk orientasi, informasi, penempatan dan penyaluran, dan konseling.

References

Abu Najah, Helmi. (2019) Implementasi Bimbingan dan Konseling Impact Islami pada Siswa SMK 1 Karanganyar. Jurnal BKdan Dakwah Islam. Vol. 16 (2).

Achmad Juntika Nurihsan, DR,M.Pd, 2006, Bimbingan Dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan, Bandung: Refika Aditama.

Achmad Juntika Nurihsan, DR,M.Pd, 2007, Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling, Bandung: Refika Aditama.

Arifin dan Thohirin. Bimbingan dan Konseling di sekolah dan Madrasah (berbasis Itegrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aunur, Rahim Faqih.2001. Bimbingan dan Konseling dalam Islam. Jakarta: UII press.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Bandung: Direktorat Pendidikan Nasional.

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan depaartemen Pendidikan Nasional, 2007. Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta.

D.A.Hartaji, Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah dengan Jurusan Pilihan Orangtua, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2012), hlm. 23F.M.

, Sa’adah. (2015). Konsep Bimbingan Dan Konseling Cognitive Behavior Therapy (Cbt) Dengan Pendekatan Islam Untuk Meningkatkan Sikap Altruisme Siswa.

Farid, Imam Sayuti.2002. Pokok-Pokok Bahasan Tentang Bimbingan Penyuluhan Agama Sebagai Teknik Dakwah. Bandung: Alfabetha. Gibson, Robert L. dan Marianne H. Mitchell, 2010. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hariyanto, Farid, 2007. Bimbingan dan Konseling di sekolah dan Madrasah : berbasis itegrasi, Jakarta: PT Raja grafindo. 2007. Makalah dalam Seminar Bimbingan dan Konseling.

Kementrian Agama RI. (2015). Madrasah Indonesia: Madrasah Prestasiku. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.

M?nks, Knoers & Haditono, Psikologi Perkembangan (Pengantar dalam berbagai bagiannya), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press , 2006), hlm. 37

Nahriyatun Na’imah, Gantina Komalasari, & Eka Wahyuni, Jurnal yang berjudul: Gambaran Permasalahan Sosial Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (Survei terhadap mahasiswa Strata 1 Angkatan 2013-2015), hlm. 58. Diakses pada tanggal 7 Oktober 2023.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Azhari, D. S. ., Afnibar, A., Ulfatmi, U., & Kenedi, G. . (2023). KONSELING DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3449–3457. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22821

Most read articles by the same author(s)