ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM PENERAPAN KURIKULUM DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Deysti T. Tarusu Universitas Negeri Manado
  • Yosua Soasa Universitas Negeri Manado
  • Aprivily Mangundap Universitas Negeri Manado
  • Devira Manabung Universitas Negeri Manado
  • Olivia Tiara Kaligis Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22520

Keywords:

Analisis, Kurikulum Merdeka, Pendidikan, SD

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis kebijakan pendidikan dan penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Pendidikan yang sudah diatur oleh pemerintah melalui Undang-undang dapat diterapkan secara merata di seluruh Indonesia termasuk dalam jangkauan daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, di mana metode yang digunakan tidak berdasarkan pada angka-angka namun memahami makna dari beberapa masalah sosial yang ada. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah kebijakan pendidikan yang disosialisasikan oleh pemerintah sudah dapat diakses secara online dan kapan saja. Kemudian, penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar juga sudah dilakukan sesuai dengan maksud dan tujuan pemerintah dalam menyamaratakan pendidikan di Indonesia baik dari Kurikulum tahun 1947 hingga kurikulum terabru tahun 2022 yaitu Kurikulum Merdeka.

References

Agus Purwanto, Erwan dan Dyah Ratih Sulistyastuti (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Untuk Administrasi Publik, Dan Masalahmasalah Sosial. Yogyakarta: Gaya Media

Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67-75.

Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan kekurangan kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah dalam perspektif historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 7(1), 111-117.

Aprima, D., & Sari, S. . (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101. https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i1.2960.

Aprima, D., & Sari, S. . (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101. https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i1.2960.

Creswell, J. W. (2016). Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitaif, dan Campuran. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Fadillah, C. N., & Yusuf, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(2), 120-137.

Hasbullah, H. 2015. Kebijakan Pendidikan: dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Farhatunnisa, G., Mayanti, I., Apriliya, M., & Gustavisiana, T. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2322-2336.

Liando, M. R., & Kadamehang, G. (2023). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI 1 MANADO. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 639-645.

Muin, A., Fakhrudin, A., Makruf, A. D., & Gandi, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Mustofa, M., & Mariati, P. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar: dari teori ke praktis. Indonesia Berdaya, 4(1), 13-18.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.

Rokim, R. (2019). Analisis Kebijakan Versi Dunn & Implementasinya Dalam Pendidikan Islam. Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 14(2), 60-69.

Saputra, D. W., & Hadi, M. S. (2022). Persepsi guru sekolah dasar jakarta utara dan kepulauan seribu tentang kurikulum merdeka. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1), 28-33.

Sari, W., Muhammad Rifki, A., & Karmila, M. (2020). ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN TERKAIT IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA DARURAT COVID 19. JURNAL MAPPESONA, 3(2). doi:https://doi.org/10.30863/mappesona.v3i2.830.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Tarusu, D. T. ., Soasa, Y. ., Mangundap, A. ., Manabung, D. ., & Kaligis, O. T. . (2023). ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM PENERAPAN KURIKULUM DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3107–3113. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22520

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.