PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGURANGI KENAKALAN SISWA DI MTs PAB 1 HELVETIA

Authors

  • Aulia Marhamah Universitras Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Aulia Marhamah Universitras Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Halimah Ibrahim Universitras Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Imas Marliana Universitras Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Rosita Dongoran Universitras Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22184

Keywords:

Pendidikan, Bullying, Bimbingan Konseling

Abstract

Salah satu untuk membangun sebuah bangsa yang maju dan besar ialah dengan adanya sebuah pendidikan. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi seorang anak termasuk pendidikan karakter, dengan adanya pendidikan karakter seorang anak cerdas dalam pengetahuan dan juga pendidikan karakter sangat penting karena selain memperkuat moral dan etika individu, juga membantu dalam membentuk kepribadian yang baik, penyelesaian konflik yang positif, membangun hubungan sosial yang sehat,  namun pada sekarang ini menurunnya pendidikan karakter seorang anak dan dengan adanya kasus “bullying” yang terjadi di sekolah. Bullying merupakan tindakan agresif, berulang, dan disengaja yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang terhadap orang lain yang lebih lemah atau rentan secara fisik, emosional, atau sosial. Penyebabnya bermacam seperti ketidakadilan sosial, lingkungan keluarga yang rusak, kurangnya pemahaman dan empati, kurangnya pengawasan dan pendidikan. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis dampak dan konsekuensi bullying yang terjadi di sekolah, penelitian ini juga bisa bertujuan untuk mengevaluasi dampak psikologis, sosial, dan akademik yang ditimbulkan oleh bullying. Hal ini dapat meliputi analisis efek jangka pendek dan jangka panjang dari bullying pada kesejahteraan individu yang terlibat, termasuk korban dan pelaku bullying. Metode penelitian ini ialah metode kualitatif yang mana penelitian yang menghasilkan dan mengolah data deskriptif seperti transkrip wawancara, catatan lapangan, gambar, foto, rekaman video, dan lain-lain. Hasil penelitian ini ialah melihat faktor apa saja yang menjadi sebab timbulnya kasus bullying yang terjadi dan bagaimana bentuk tindakan seorang konselor untuk menanggapi kasus bullying yang terjadi dengan melalui layanan bimbingan dan konseling.

References

Ahmad, N., Muslimin, A. A., & Cn. Sida, S. (2022). Analisis Perilaku Bullying Antar Siswa Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Negeri Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar Sulawesi Selatan. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1318–1333.

Hertinjung, W. S. (2013). Bentuk-Bentuk Perilaku Bullying Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Psikologi UMS 2013 - Parenting, 53(9), 450–458.

Junindra, A., Fitri, H., Murni, I., Ilmu Pendidikan, F., & Negeri Padang, U. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11133–11138.

Mahriza, R., Rahmah, M., & Santi, N. E. (2020). Stop Bullying: Analisis Kesadaran dan Tindakan Preventif Guru pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 891–899.

Mu’in, F. (2019). Pendidikan Karakter?: Perspektif Teoritis dan Gagasan Praktis.

Nurajijah, S., & Sofiyah, Z. (2022). Studi Kepustakaan Peran Bimbingan Konseling Dalam. 1(2), 23–29.

Octavianto, M. R. (2017). Perilaku Bullying Di Sekolah Menengah Atas Kota Yogyakarta Bullying Behavior At High School in Yogyakarta City. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3(8), 376–385.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Putra, M., Saragi, D., Tasmara, L., Berutu, R., & Ihsan, M. (2022). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok (Role Playing) dalam Mengatasi Bulliying di Yayasan Penyantun Anak Yatim Piatu. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(3), 270–274.

Syahfitri, S., Harapan, alya rahmayani, Wijayanti, S., & Daulay, annisa arrumaisyah. (2022). Peran Bimbingan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358.

Wati, A. D. (2022). Edukasi Mengenai Bullying Pada Remaja Dengan Media Video Animasi. Khidmah, 3(2), 349–356.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Marhamah, A. ., Marhamah, A. ., Ibrahim, H. ., Marliana, I. ., & Dongoran, R. . (2023). PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGURANGI KENAKALAN SISWA DI MTs PAB 1 HELVETIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2832–2839. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22184