ANALISIS PERAN DOSEN DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA DI UNIVERSITAS

Authors

  • Adhesty Novita Xanda STIKes Adila di Kota Bandar Lampung
  • Wiwid Suryono Politeknik Penerbangan Surabaya
  • Abubakar Abubakar 3Universitas Serambi Mekkah
  • Irmawati Irmawati STAI Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu
  • Antonius Rino Vanchapo STIKes Faathir Husada
  • Yayuk Chayatun Machsunah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20750

Keywords:

Kreativitas, Dosen, Mahasiswa, Universitas

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu kompetensi yang penting untuk dimiliki oleh mahasiswa di era globalisasi. Dosen sebagai pendidik memiliki peran penting dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dosen dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa di universitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah dosen dan mahasiswa di tiga universitas di Indonesia. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen memiliki peran penting dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa melalui berbagai strategi, antara lain, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, Mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis dan inovatif, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengekspresikan kreativitasnya, memberikan feedback yang membangun. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dosen memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa. Dosen perlu menerapkan berbagai strategi untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendorong mahasiswa untuk mengembangkan kreativitasnya.

References

Arikunto, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, R., & Aini, N. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1-12.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bharata, W. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Usaha terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 98-114. http://doi.org/10.25273/capital.v2i2.3985

Dewi, K. (2019). Peran mediasi self-efficacy pengaruh motivasi belajar terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 1-9. https://doi.org/10.34006/jmbi.v8i1.60

Hasniati, H., dkk. (2023). The Decision of Women in Makassar City to Entrepreneur. Binus Business Review, 14(1). https://doi.org/10.21512/bbr.v14i1.8936

Karim, A.,dkk. (2021). The Increase of Rural Economy at Baraka Sub-District through Village Funds. The Winners, 22(1), 89-95. https://doi.org/10.21512/tw.v22i1.7013

Karim, A., dkk. (2023). Contribution of Village Funds to Regional Economic Recovery in South Sulawesi Province. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 567-582.

Karim, A., dkk. (2022). The Effect of Gender Independence and Leadership Style on Audit Quality in Makassar Public Accounting Offices. International Journal of Social Science Research and Review, 5(7), 114-126. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i7.341.

Oei, A., dkk. (2022). Pengaruh Motivasi dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(4), 1007-1017. https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43201

Prasetio, T. (2020). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Motivasi Intrinsik, dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Serasi, 18(1), 35-46. http://dx.doi.org/10.36080/js.v18i1.1040

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Xanda, A. N. ., Suryono, W. ., Abubakar, A., Irmawati, I., Vanchapo, A. R. ., & Machsunah, Y. C. . (2023). ANALISIS PERAN DOSEN DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA DI UNIVERSITAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1223–1228. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20750

Most read articles by the same author(s)