PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN METODE DEMONTRASI PADA MATERI PEMBAGIAN BILANGAN 3 ANGKA DIBAGI DENGAN BILANGAN 2 ANGKA KELAS IV SDN 034 KUSAU MAKMUR

Authors

  • Masdi Sianturi UPT SD NEGERI 034 KUSAU MAKMUR

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.22094

Keywords:

Hasil Belajar, Direct Intruction, Metode Demontraksi

Abstract

Suatu tugas dan tanggung jawab guru selaku mentor dan pelaksanaan pengembang kreativitas Pendidikan dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode demonstrasi pada materi pembagian bilangan 3 angka dibagi dengan bilangan 2 angka. Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Metode Demontrasi Pada Materi Pembagian Bilangan 3 Angka Dibagi Dengan Bilangan 2 Angka Kelas IV SDN 034 Kusau Makmur”. Penelitian ini akan mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran langsung dengan metode demonstrasi dalam proses Belajar siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 034 kusau makmur. Penelitian ini dilaksanakan dengan metodologi Penelitian Kepustakaan (Library research). Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan keaktivan siswa dalam proses pembelajaran dikelas serta meningkatkan minat dan motivasi serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika materi pembagian bilangan 3 angka dibagi dengan bilangan 2 angka. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Siklus Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 034 kusau makmur, yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan adalah ?75% dari jumlah peserta didik telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung dengan metode demonstrasi pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 034 Kusau Makmur. Saat belum diberikan tindakan, nilai pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN 034 Kusau Makmur hanya 5 (41,67%) siswa yang mencapai KKM. Pada kegiatan tindakan siklus I terjadi peningkatan, yaitu sebanyak 8 (66,67%) siswa yang mencapai KKM. Dan pada siklus II sebanyak 11 (83%) berhasil mencapai nilai ketuntasan. Nilai rata-rata hasil belajar dari siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan yaitu dari 65,83 menjadi 88,33.

References

Ali, Mohammad, Dr.,Prof, M.Pd, MA. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung. PT. Imperial Bhakti Utama (PT. INTIMA).

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2015). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hariwijaya. (2009). Meningkatkan Kecerdasan Matematika. Yogyakarta: Tugu Publiser.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Karya Offset.

Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Kusumah, W. & Dwitagama. D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Indeks.

Marsigit (2016). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Makalah Seminar Nasional. Padang: Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6, Nomor 6.

Nalole, A. (2011). Meningkatkan Keterampilan Siswa Pada Pengurangan Bilangan Cacah Dengan Tekhnik Meminjam Melalui Model pembelajaran langsung dengan metode demonstrasi Di Kelas II SDN Pauwo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Ilmiah Penelitian Pendidikan, Vol 8, Nomor 1.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rohani, A. (2014). Media Instruksional Edukatif. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Runtukahu, J, T. & Kandou, S. (2013). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sadiman, A.S., Dkk. (2006). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pres.

Sanaky, H, AH. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sanjaya, W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono. A. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafika Persada.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Syaiful Sagala. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Alfabeta.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Sianturi, M. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN METODE DEMONTRASI PADA MATERI PEMBAGIAN BILANGAN 3 ANGKA DIBAGI DENGAN BILANGAN 2 ANGKA KELAS IV SDN 034 KUSAU MAKMUR . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 707–712. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.22094