PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 22 BANDA ACEH

Authors

  • Annisa Amalia Universitas Syiah Kuala
  • Mislinawati Mislinawati Universitas Syiah Kuala
  • Linda Vitoria Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21908

Keywords:

E-modul, Flipbook Maker, Sistem Pernapasan Manusia.

Abstract

Bahan ajar merupakan suatu komponen penting dalam pembelajaran di sekolah. Berdasarkan hasil wawancara oleh kepala sekolah dan guru kelas V SD Negeri 22 Banda ditemukan masalah materi yang disajikan dalam buku paket belum memenuhi capaian pembelajaran, sehingga siswa merasa sulit memahami materi sistem pernapasan manusia. Salah satu upaya adalah mengembangkan e-modul berbasis flipbook maker yang menarik dan sesuai. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk yang valid, praktikal, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon, observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini meliputi 40 siswa kelas V SD Negeri 22 Banda Aceh. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut.1) Hasil validasi ahli materi dan media diperoleh rata-rata 93%. 2) Hasil  uji skala kecil observasi aktivitas siswa dan respon siswa rata-rata 92%. Dan hasil data uji skala luas observasi aktivitas siswa dan respon siswa rata-rata 91,5%. 3) Data keefektifan diperoleh dari hasil belajar siswa, sebanyak 100% siswa mendapatkan nilai tuntas KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan e-modul berbasis flipbook maker untuk pembelajaran sistem pernapasan manusia dinyatakan valid, praktikal dan efektif digunakan sebagai sumber belajar.

References

Awang, I. (2016). Kesulitan Belajar Ipa Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox Edukasi, 6(2), 108–122.

Awwaliyah, H., Rahayu, R., & Muhlisin, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Smp Tema Cahaya. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 4(2), 516–523. https://doi.org/10.31002/nse.v4i2.1899

Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer.

Fadhlurrohman, D., Fitriyanti, N., Nasir, F., & Matematika, P. (2020). Praktikalitas Media Interaktif Quizizz Pada Kemampuan Pemecahan. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan, 1(1), 55–64.

Faridah, A., & Afridiani, W. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui E-Modul Berbasis Android. Mimbar Ilmu, 26(3), 476. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39008

Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal UNESA, 01(01), 1–9. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10375

Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291. https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3344

Hukama, Muhifbatul, Laihat, M. (2017). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Ipa Materi Daur Hidup Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 149 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 4(1), 64–73.

Kosasih, E. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326.

Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan modul elektronik (E-Modul) berbasis flipbook maker untuk subtema pekerjaan di sekitarku kelas IV SD/MI. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5 (2), 165 - 174.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny.ac.id/ sites/ default/ files/ pengabdian/ dra-endang-mulyatiningsih mpd/ 7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.

Nieveen, N & Folmer. (2013). Formative evaluation in educational research. In t Plomp, & Nieveen (eds) Educational Design Research, 152-169.

Ningtyas, A. S., Triwahyuningtyas, D., & Rahayu, S. (2020). Pengembangan E-Modul Bangun Datar Sederhana Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Aplikasi Kvsoft Flipbook Maker Untuk Siswa Kelas III. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 10–19. https://conference.unikama.ac.id/artikel/

Nuryani, L., & Surya Abadi, I. G. (2021). Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 247. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934

Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(3), 60–65.

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), 40–49. https://doi.org/10.23887/jptk.v14i1.9880

Rayanto, Yudi Hari & Sugianti. (2020). Penelitian dan Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 :Teori dan Praktek. Pasuruan : Lembaga Akademik Research Institute.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Salma, A. D., Windiyani, T., & Purnamasari, R. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook Kelas Iv Subtema Indahnya Keberagaman Budaya. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2325-2335.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada.

Yulaika, N. F., Harti, H., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76

Yunarto, O., Usman, N., & Raharjo, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lintas Budaya Pada Subtema Globalisasi Dan Cinta Tanah Air Berbentuk Cerita Bergambar Di Kelas Vi Sd. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 8(1).

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Amalia, A., Mislinawati, M., & Vitoria, L. . (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 22 BANDA ACEH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2423–2432. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21908