UPAYA GURU UNTUK PEMBIASAAN PERILAKU DISIPLIN PADA ANAK DI TK BANDARA KUBURAYA

Authors

  • Gita Arimbi Universitas Tanjungpura
  • Halida Halida Universitas Tanjungpura
  • Annisa Amalia Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35631

Keywords:

Upaya Guru, Pembiasaan Perilaku Disiplin.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam membiasakan anak berperilaku disiplin di  TK Bandara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru di TK Bandara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Upaya yang dilakukan guru di Taman Kanak-Kanak Bandara adalah kebiasaan yang rutin, spontan dan keteladanan, dimana anak berdoa, memperingatkan, bersalaman, menaruh sepatu di rak, dan datang tepat waktu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1. Upaya guru dalam membiasakan perilaku disiplin secara rutin, 2. Upaya guru dalam membiasakan perilaku disiplin secara spontan, 3. Upaya guru dalam membiasakan perilaku disiplin dengan memberi contoh. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah anak terbiasa dengan perilaku disiplin dan tahu cara menaati aturan yang telah disepakati.

Downloads

Published

2024-10-06

How to Cite

Arimbi, G. ., Halida, H., & Amalia, A. . (2024). UPAYA GURU UNTUK PEMBIASAAN PERILAKU DISIPLIN PADA ANAK DI TK BANDARA KUBURAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14395–14401. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35631