BERPIKIR KRITIS DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Hendrayadi Hendrayadi UIN Imam Bonjol Padang
  • Syafruddin Syafruddin UIN Imam Bonjol Padang
  • Rehani Rehani UIN Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21870

Keywords:

Berpikir Kritis, Alqur’an dan Hadits, Pendidikan Islam

Abstract

Pola pendidikan telah membatasi daya kritis mahasiswa, membatasi kreativitas mereka. Keterampilan berpikir kritis seharusnya ditingkatkan seiring dengan perkembangan dunia pendidikan. Al-Qur'an dan hadits dalam pendidikan Islam yang selalu menekankan pentingnya berpikir untuk manusia, dan banyak ayat dan hadits mengajak orang untuk berpikir (ulul albab). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang pendidikan Islam dalam berpikir kritis yang ditawarkan oleh Al-Qur'an dan hadits serta bagaimana pembelajaran ini berdampak pada pendidikan Islam modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk dalam jenis penelitian pustaka. Proses pengumpulan datanya menggunakan data primer dan sekunder. Selain itu, ia menggunakan teknik analisis isi dengan menggunakan pendekatan tafsir maudhu'i, atau tafsir tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengajarkan orang untuk berpikir kritis tentang al-Qur'an adalah proses yang berkelanjutan..

References

Abdullah bin Muhammad bin ‘Abdurrahman bin Ishaq Alu Syaikh, Tafsir Ibnu Katsir Jilid 2, terj. M. Abdul Ghoffar (Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i, 2012), Cet ke-5

Abdullah bin Muhammad bin ‘Abdurrahman bin Ishaq Alu Syaikh, Tafsir Ibnu Katsir Jilid 2, terj. M. Abdul Ghoffar (Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i, 2012), Cet ke-5

Agus Suprijono, Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Ahmad Mushthafa Al-Maraghy Penerjemah Bahrun Abubakar, Terjemah Tafsir Al- Maraghi, Semarang: Toha Putra, 1985), Cet ke-1.

Ahmad Susanto, Teori-teori Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2013), h. 121.

Ahmad Sulaiman dan Nandy Agustin Syafakarofath, “Berpikir Kritis: Mendorong Introduksi dan Reformulasi Konsep dalam Psikologi Islam”, dalam Jurnal Buletin Psikologi Vol. 26 No. 2, 2018.

Deti Ahmatika, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Pendekatan Inquiry/Discover”, dalam Jurnal Euclid, Vol. 3 No. 1 2016.

Edward De Bono penerjemah ida Sitomoul & Fahmy Yamani, Revolusi Berpikir, Bandung: P.T. Mizan Pustaka, 2007.

Hikmat Basyir, Tafsir Al-Muyassar, terj. Izuddin Karimi dkk, Solo: An-Naba`, 2012.

Johanes Eka Priyatma, https://bebas.kompas.id/baca/opini/2020/02/06/merdeka- berpikir/. diakses pada 19 September 2023 pukul 20:28 WIB.

John W. Santrock, Penerjemah Mila Rachmawati & Anna Kuswanti, Perkembangan Anak, Jakata: Erlangga, 2007.

Khiyarotul Qudriyah, Konsep Pendidik dan Peserta Didik dalam Surat Ali Imran Ayat 190-191 Menurut Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Al-Azhar, Skripsi Fak Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, 2017.

Mochamad Mu’izzuddin, “Berpikir Menurut Al-Qur`an”, dalam Jurnal IlmiahPendidikan, Vol. 10, No. 1, 2016.

Muhammad Quraish shihab, https://risalahmuslim.id/quran/az-zumar/39-18/, diakses pada 17 September 2023 pukul 17:15 WIB.

Muhfaroyin, “Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Konstruktivistik”, dalam Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 16 No. 1 April 2009.

M. Quraisy Shihab, Tafsir Al-Misbah, Jakarta: Lentera Hati, 2002.

M. Talb Hunsouw, “Ulul Albab dalam Tafsir Fi Zhilal Al-Qur`an Kitab Tafsir Sayyid Quthb”, dalam Jurnal Tahkim Vol. IX No. 1, Juni 2013, h.182-183.

Nurani Soyomukti, Teori-teori Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015), h. 22.

Sri Aliyah, “Ulul Albab dalam Tafsir Fi Zhilali Al-Qur`an” dalam Jurnal JIA No 1 Juni 2013.

Sri Rahayuningsih & Indria Kristiawan, “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika” dalam CIASTECH 2018 Seminar Nasional Hasil Riset Universitas Widyagama Malang, 12 September 2018.

Syamsul Huda Rohmadi, “Pengembangan Berpikir Kritis (Critical Thinking) dalam Al-Qur`an: Perspektif Psikologi Pendidikan”, Jurnal Psikologi, Vol. 5 No 1 2018.

Waslim Qorib, “Awal Perkenalan Kritis Umat Islam dengan Filsafat”, dalam Artikel Studi Pemikiran Filsafat, Mei 2019.

Yusuf Qardawi, Al-Qur’an Bebicara tentnag Ilmu Pengetahuan, Jakarta: Gema Insani, 1998

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Hendrayadi, H., Syafruddin, S., & Rehani, R. (2023). BERPIKIR KRITIS DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2382–2391. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21870