STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN IB HIJRAH RENCANA PADA BANK MUAMALAT KANTOR CABANG PEMBANTU STABAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21392Keywords:
Strategi, Pemasaran, ProdukAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi rencana pemasaran dan mengevaluasi kelebihan, kekurangan, peluang, dan bahaya yang terkait dengan rencana pemasaran produk tabungan Ib Bank Muamalat kantor cabang pembantu Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mengumpulkan data primer dan sekunder dari pegawai Bank Muamalat Cabang Stabat, serta data melalui resensi buku dan wawancara. Menganalisis permasalahan baik internal maupun eksternal merupakan pendekatan yang dilakukan Bank Muamalat Indonesia Cabang Stabat. Temuan penelitian tersebut mendukung anggapan bahwa strategi pemasaran yang digunakan berfokus pada dua variabel utama: internal dan eksternal. Faktor internal diatasi melalui penggunaan metode segmentasi, penargetan, positioning, dan bauran pemasaran.References
Assauri, Sofjan, 2013. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Raja Grafindo, Persada
Chandra G, Tjiptono F. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta. Andi Offset
Kasmir, 2014. Dasar-Dasar Perbankan.Jakarta: PT. Grafindo Persda
Kotler Philip, dan Keller Kevin Lane, 2016. Manajemen Pemasaran Jakarta: Salemba empat
Moleong, Lexy 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta
Anindyntha, A. F., Susilowati, D. & Kurniawati, E. T. (2021). “Model Pengentasan Kemiskinan Melalui Peran Financial Inclusion Di Indonesia.” Jurnal Ekonomi Modernisasi 17(3):173–84. doi: 10.21067/jem.v17i3.5617.
Aseh, P. (2018). Analisis Inklusi Keuangan Syariah Pada UMKM Di BMT Masyarakat Madani SUMUT Kecamatan Percut Sei Tuan.
Dahrani, & Maslinda, N. (2014). “Analisis Pengaruh Modal Kerja Dalam Meningkatkan Profitabilitas Pada Perusahaan Kosmetik Dan Barang Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan 14(1):82–98.
Dahrani, & Mirhanifah. (2014). “Analisis Mekanisme Pembiayaan Mudharabah Pada Pt. Bank Bni Syariah Kantor Cabang Medan.” Riset Akuntansi Dan Bisnis 14(1):137–57.
Dahrani, & Ramadhan, W. (2021). “Pengaruh Penerapan E-System Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Pada Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kota Medan.” Jurnal Pembangunan Perkotaan 9(1):9–14.
Dahrani, S., F. & Jufrizen, J. (2021). “Model Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Yang Melakukan Usaha Di Kota Medan).” Jurnal Akuntansi Dan Pajak 21(02):379–89. doi: 10.29040/jap.v21i02.1513.
Devi ayu prasetyaningrum. (2021). Pengaruh Inklusi Keuangan Dan Persaingan Antar Bank Terhadap Stabilitas Perbankan Di Indonesia.
Erni Awanti. (2017). “Analisis Pengaruh Inklusi Keuangan Terhadap Stabilitas Sistem Keuangan Di Negara Berkembang Kawasan Asia Tenggara.” Economics Jurnal of Airlangga University.
Fitriyanto. (2021). “Financial Inclusion dan Pembiayaan Perbankan Syariah Dalam Mempengaruhi Perkembangan Umkm Serta Dampaknya Pada Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.” 01(04):1–13.
Hidayatulloh, I. (2020). Pengaruh Inklusi Keuangan, Literasi Keuangan, Dan Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Umkm Kabupaten Tegal.
Hilmawati, M. R. N., & Rohmawati Kusumaningtias. (2021). “Inklusi Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlangsungan Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah.” Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen 10(1):135–52. doi: 10.21831/nominal.v10i1.33881.
Ilhamy, M. L. N. (2018). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Febi Press
Ismail, Nur Inayah. (2018). “Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Metode Camel Pada PT. Bank Sulselbar Makasaar.”
Kamila, K. (2022). Analisis pengaruh (banking internal service quality) terhadap kepuasan kerja karyawan. Jurnal Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Mulawarman
Khoirunnisa, I. (2018). “Analisis Kausalitas Inklusi Keuangan Terhadap Pertumbuhan Inklusif Di Indonesia.” Repositori Institusi USU 1–77.
Lestari, Dahrani, D., Purnama, N. I., & Jufrizen Jufrizen. (2021). “Model Determinan Kebijakan Hutang Dan Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia).” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 4(2):245–56.
Mangkunegara. (2017). “Landasan Teori.” Landasanteori.Com (2012):72.
Nasution, H. (2017). “Analisis Financial Inclusion Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Miskin Di Medan (Studi Kasus Pembiayaan Mikro Ss II Di Bank Sumut Syariah.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 2(1):1–20.
Nindy, S. (2021). Pengaruh Inklusi Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada UMKM Kabupaten Malang. Vol. 16.
Nugroho, M. A. S. (2021). “Peran Inklusi Keuangan Perbankan Syariah Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM).” 1:116.
Nurudin, M. (2018). “Analisis Rasio Likuiditas Dan Rasio Profitabilitas Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk Tahun (2014)(2016).” Journal of Chemical Information & Modeling 110(9):1689–99.
Saragih, D. F. & Ritonga. P. (2022). “Model Pengelolaan Keuangan Berbasis Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan?: Studi Pada UMKM Di Kota Binjai.” Owner 6(2):1509–18. doi: 10.33395/owner.v6i2.778.
Sari, M. (2018). “Penerapan Good Corporate Governance Dalam Meningkatkan Kinerja Keuangan.” Prosiding The National Conference on Management & Business (NCMAB) (2018) 17–27.
Soemitra, A. (2010). Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana.
Umar, A. I. (2017). Index of Syariah Financial Inclusion in Indonesia. Dahrani. (2021). “Journal Reglement & Society Analysis Of Calculation And Withduction Of Pph Article 21 The Salary Of Civil Servant.” IJRS: Internasional Journal Reglement Society 2(3):179–87.
https://repository.uinsu.ac.id/4667/7/BAB%20III.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Reni Ilma Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.