PENGARUH TASYA FARASYA: MENGANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PELEMBAP 'SOMETINC CALM DOWN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30282Keywords:
Digital Marketing, Influencer, Pengaruh, Keputusan Pembelian.Abstract
di era digital saat ini, pemasaran digital sangat penting dalam strategi pemasaran perusahaan, terutama untuk produk skincare. Menggunakan influencer beauty, seperti Tasya Farasya yang memiliki 6,8 juta pengikut Instagram, dapat memberikan kesan personal dan autentik. Kolaborasi dengan Tasya Farasya, yang sering mengulas produk "Somethinc" moisturizer Calm Down, bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini adalah studi kuantitatif dengan desain cross-sectional, melibatkan 100 pengikut Tasya Farasya yang pernah membeli produk Somethinc Calm Down. Tujuannya adalah memahami perilaku dan karakteristik konsumen serta hubungan antara pengaruh Tasya Farasya dengan keputusan pembelian produk tersebut. Kuesioner penelitian mengadaptasi teori dari Kotler dan Armstrong (2008) dan Agustin dan Amron (2022). Analisis menggunakan Spearman rank rho menunjukkan nilai p sebesar 0,013 dan nilai korelasi 0,895, yang berarti terdapat hubungan signifikan dan sangat kuat antara pengaruh Tasya Farasya dengan keputusan pembelian produk Somethinc Calm Down. Rekomendasi mencakup peningkatan kolaborasi dengan influencer, optimalisasi konten promosi, evaluasi dan monitoring kampanye, pengembangan program loyalitas, diversifikasi strategi pemasaran, serta peningkatan interaksi dan engagement dengan konsumen.References
Arseto, D D. (2023, August 13). the effect of influencer credibility and digital advertising on aqua brand purchase decisions with satisfaction customer as a moderating variable (case study of aqua instagram followers). http://www.ijset.org/index.php/go/article/download/214/199
Aslamiyah, W., Herianto, E., & Alqodri, B. (2023, June 30). Youth Interest in Korean Culture (K-Pop) and its Impact on Indonesian Nationalism. https://doi.org/10.29303/jseh.v9i2.345
Atma, A., & Ernawati, S. (2023, June 12). The Effect of Social Media and Word Of Mouth on Purchase Decisions at the MayShopping Store. Basic and Applied Accounting Research Journal, 2(1), 13-18. https://doi.org/10.11594/baarj.02.01.03
Derivanti, M A D., Wahidin, D W., & Warouw, D M. (2022, July 29). STUDI FENOMENOLOGI: PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE MELALUI MEDIA PLATFORM DIGITAL DI ERA COVID-19. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i9.204
Iqbal, A., Aslam, S., Jalali, W U B., Saboor, A., & Haider, W. (2023, June 30). Unveiling the Power of Influencer Marketing: A Systematic review of Influencer Marketing Antecedents, Outcomes, Theoretical Framework and the Future Research Directions. https://doi.org/10.56976/rjsi.v5i2.119
Iqbal, A., Aslam, S., Jalali, W U B., Saboor, A., & Haider, W. (2023, June 30). Unveiling the Power of Influencer Marketing: A Systematic review of Influencer Marketing Antecedents, Outcomes, Theoretical Framework and the Future Research Directions. https://doi.org/10.56976/rjsi.v5i2.119
Lashbrook, J. (2019, November 27). Three Interesting Findings About What Influences Millennials’ Purchases. https://www.marketingcharts.com/demographics-and-audiences/youth-and-gen-x-111155
Nuji, M N N., Ali, A., Noordin, W N W., Thaheer, B A N M., & Mathiew, V. (2023, June 7). Of Trust and Influence: A Look At Social Media Influencers and Brand Promotion. International journal of academic research in business & social sciences, 13(6). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v13-i6/15444
Nurul Agustin, Amron (2022) PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI SKINCARE PADA TIKTOK SHOP KINERJA Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 5 No. 1
Rizal Ula Ananta Fauzi, Metik Esmike, Ambar Rahayu Ardiningrum (2023) PENGARUH BRAND AMBASSADOR, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SOMETHINC Jurnal Bisnis dan Ekonomi Vol. 14 No. 1
Wuisan, D., & Handra, T. (2023, February 20). Maximizing Online Marketing Strategy with Digital Advertising. https://journal.pandawan.id/sabda/article/download/275/256
Yulia Rahail, Oktori Kiswati Zaini, Hasrul (2020) ANALISIS CELEBRITY ENDORSER (TASYA FARASYA) TERHADAP MINAT BELI PRODUK KECANTIKAN SOMETHINC (Studi Pada Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Pakuan Bogor Periode 2018-2020)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Robert Kristaung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.