SOCIAL MEDIA REVOLUTION: TIKTOK'S IMPACT ON ENGLISH LANGUAGE LEARNING

Authors

  • Jusak Patty Universitas Pattimura
  • Libreck F. A. Noija Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20610

Keywords:

Pembelajaran Online, Kemahiran Berbahasa Inggris, Pembelajaran Bahasa, TikTok, Media Sosial.

Abstract

Pandemi COVID-19 telah berdampak signifikan pada pendidikan, termasuk di Indonesia, di mana sekolah dan universitas ditutup untuk memastikan keselamatan. Seiring dengan munculnya pembelajaran online sebagai mode utama pendidikan, pentingnya kemampuan berbahasa Inggris di era "new normal" menjadi jelas. Makalah ini bertujuan untuk mengeksplorasi peluang penggunaan TikTok, platform media sosial populer, sebagai alat pembelajaran bahasa Inggris secara online bagi siswa SMA di Indonesia. Desain penelitian perpustakaan digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis literatur yang ada tentang subjek ini. Temuan menyoroti konsep pembelajaran online, peran media sosial, dan peluang serta tantangan dalam menggunakan TikTok untuk pembelajaran bahasa Inggris. Makalah ini menyimpulkan dengan menekankan potensi TikTok sebagai sumber berharga untuk pembelajaran bahasa dan mendorong penelitian lebih lanjut di bidang ini.

References

Baruah, Trisha Dowerah. (2012). Effective of Social Media as a tool of communication and its potential for technology enabled connections: A micro-level study. International Journal of Scientific and Research Publication. 2 (5)

Bohang, Fatimah Kartini. (2018, February 22). Berapa Jumlah Pengguna Internet Indonesia? https://tekno.kompas.com/read/2018/02/22/16453177/berapa-jumlah-pengguna-internet-indonesia.

Collins, S. (2002). IT and accelerated learning: the perfect combination. Training Journal. 18-20.

Dabbagh, N., and Bannan-Ritland, B. (2005). Online Learning: Concepts, Strategies, and Application. Upper Saddle River, NJ: Pearson/Merrill/Prentice Hall.

Darsiana. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Demontrasi Siswa Kelas III SD Negeri 157 PekanBaru. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran). 2(2), 202-206

Fahdin, R.G. (2020). Student's Perception Toward the Use of Tik Tok in Learning English Vocabulary. Khazanah: Jurnal Mahasiswa.

Fatiha, M., Sliman, B., Mustapha, B., and Yahia, M. (2014). Attitudes and Motivations in Learning English as a Foreign Language. International Journal of Arts and Sciences, 121.

Hudson, S., Huang, L., Roth, M. S., and Madden, T. J. (2016). The influence of social media interactions on consumer-brand relationships: A three-country study of brand perceptions and marketing behaviors. International Journal of Research in Marketing, 33(1). https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2015.06.004

Kaplan, A. M., and Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68.

Lehmann, K. (2004). How To be a Great Online Teacher. Lanham, Md: Scarecrow Education.

Marklin, Brittany. (2018, August 21). What Parents Should Know About the TikTok (Musical.ly) App. Learning Liftoff. https://learningliftoff.com/what-parents-should-know-about-the-tik-tok-musical-ly-app/

Manning, J. (2014.) Social media, definitions and classes of. In K. Harvey (Ed.), Encyclopaedia of social media and politics (pp. 1158-1162). Thousand Oaks, CA: Sage.

Moreau, E. (2022). The Pros and Cons of Social Media. https://www.lifewire.com/advantages-and-disadvantages-of-social-networking-3486020

Rahardjo, A., and Pertiwi, S. (2020). Learning Motivation and Students' Achievement in Learning English. 56-64.

Rudi, S., and Riyana, C. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Sari, M., and Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6 (1), 41-53

Sholeh, A. and Muhaji, U. (2015).Pronunciation Difficulties Encountered by EFL Students in Indonesia: Sebuah Studi Kasus pada Mahasiswa Kelas Integrated Course Semester 1 FKIP Bahasa Inggris Universitas Kanjuruhan Malang.Thesis. Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia.

Suryanto. (2021). Difficulties and Strategies in Learning English and Analysis of Students from English and Non-English Education Department in Indonesia. Conference: 4th international conference on sustainable innovation 2020-social, Humanity, and Education (ICoSIHESS2020).

Thorne, Kaye. (2003). Online Learning: How to integrate online and traditional learning. London: Kagan Page Limited.

Wigawati, F.A. (2014). Kesulitan Pada Aspek-Aspek Writing Mahasiswa Dengan English Proficiency Levels Yang Berbeda. Majalah Ilmiah SOLUSI, 1 (03)

Yang, H. (2020). Secondary-school Students' Perspectives of Utilizing Tik Tok for English Learning in and Beyond the EFL Classroom. ETSS, 162–183.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Patty , J. ., & Noija, L. F. A. (2023). SOCIAL MEDIA REVOLUTION: TIKTOK’S IMPACT ON ENGLISH LANGUAGE LEARNING. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 937–945. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20610