PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI PADA SISWA/I KELAS X SMK YWKA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Delfi Ragil Permata Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Yusni Khairul Amri Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21142

Keywords:

Project Based Learning, One Group Pretest dan Posttest, Puisi

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah yaitu bagaimana pengaruh metode eksperimen yang dilakukan dalam kemampuan menulis teks puisi dengan melihat perbandingan nilai pretest dan posttest. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model project based learning berbatuan media gambar terhadap kemampuan menulis teks puisi pada Siswa kelas X SMK YWKA Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi adalah seluruh siswa kelas X X SMK YWKA Medan yang berjumlah 15 siswa dan dibagi menjadi 3 kelompok. Sedangkan sampel diambil sebanyak dua kali penilaian, yaitu pretest post test. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian “ada pengaruh pembelajaran model project based learning berbatuan media gambar terhadap kemampuan menulis teks puisi”. Pelaksanaan penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen untuk melihat ada pengaruh perbedaan antara pre test dan post test. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes yaitu pretest dan posttest. Sedangkan teknik analisis data one group pretest-posttest design.Berdasarkan hasil analisis uji statistik penelitian ini telah menjawab hipotesis yakni: memperoleh nilai rata-rata perbedaan antara pretest dan posttest yang dilakukan dengan rata-rata pretest 71,67, dengan nilai rata rata posttest sebesar 94,67 dan diperoleh Asym.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000, karena nilai 0,000 lebih kecil 0,05 (P<0,05) dari maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima” artinya ada pembelajaran model project based learning berbatuan media gambar terhadap kemampuan menulis teks puisi pada Siswa kelas X SMK YWKA Medan

References

Abduh, N. K. 2018. Pemanfaatan Teknik Akrostik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11 (1), 40.

Ahmadi, Mukhsin. 1990.. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa & Apresiasi Sastra. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.

Amri, Yusni Khairul. 2015. Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia Pemahaman Dasar-dasar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Atap Buku Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Bahtiar, Ahmad. 2017. Kajian Puisi. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Hikmah, M. 2020. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa. Jurnal Teknodik, 27–38. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.376

Halawa, E. S. 2021. Penerapan Model Project-Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Anak Usia Dini Melalui Media Komik Di Ii Sd Negeri 071057 Hiliweto Gido. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 201–208. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1939

Ismawati, E., Santosa, G. B. & Ghofir, A. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Sastra Indonesia Berbasis Pendidikan karakter di SMA/SMK. Metasastra, 9 (3), 185– 200. DOI:http://doi.org/10.26610/metasastra.2016.v9i2.185-200

Isman, Mhd, dkk. 2022. Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) dengan Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal. Medan: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran.

Joyce, Buce & Marsha Weil. 1980. Models Of Teaching, Fifth Edition. USA: Allyn and Bacon ASimon &Scuster Company.

Kosasih, E. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung. Yrama Widya.

Mulyasa. E, 2006. Implementasi Kurikulum 2004: Panduan Belajar KBK 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.Yogyakarta: BPFE

Ngalimun, 2013. Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Pressindo Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perseda

Siyoto, S & Sodik, A. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Taum, Yoseph Yapi. (2017). Pembelajaran Sastra Berbasis Teks: Peluang dan Tantangan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Kebudayaan: SINTESIS, 11 (1).

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Umry, Shafwan Hadi dan Winarti. 2013. Telaah Puisi. Medan: Format Publishing Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Surakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Permata, D. R. ., & Amri, Y. K. . (2023). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI PADA SISWA/I KELAS X SMK YWKA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 15831593. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21142