ANALYSIS OF MULTIPLE-CHOICE QUESTIONS TO EVALUATE UNDERSTANDING OF THE CONCEPT OF ZERO WASTE PATTERN CUTTING

Authors

  • Prihatin Prihatin Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rufi’i Rufi’i Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20754

Keywords:

Analisa Soal, Google Form, Pemotongan Pola Zero Waste

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat ukur evaluasi untuk mengukur pemahaman mahasiswa dan praktisi terhadap konsep pemotongan pola zero waste pada lembaga kursus dan pelatihan desain busana. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik SPSS 25.0 berupa uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 item yang didistribusikan melalui Google Form. Instrumen tersebut dibagikan kepada mahasiswa dan praktisi lembaga kursus dan pelatihan yang bergerak di bidang industri fashion dengan rentang usia 23 tahun hingga 73 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat ukur tersebut valid dan reliabel dengan tingkat kesukaran soal 80% pada tingkat sedang dan 20% pada tingkat mudah. Semua pertanyaan memiliki kekuatan pembeda yang unggul. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini merupakan langkah penting untuk menciptakan keseimbangan antara pemahaman teori dan praktik dalam pembelajaran keterampilan di lembaga kursus dan pelatihan. Implikasi dari penelitian ini dapat membantu mengadaptasi pembelajaran berdasarkan pemahaman siswa dalam bidang fashion.

References

Alfiana, H., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Analisis Butir Tes Keterampilan Berpikir Kritis Dan Pengetahuan Prosedural Grammar Bahasa Inggris. Jinotep (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(1). Https://Doi.Org/10.17977/Um031v8i12021p020

Anggraini, F., Aprianti, A., Setyawati, V., Basicedu, A. H.-J., & 2022, Undefined. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software Spss Untuk Uji Validitas Dan Reliabilitas. Jbasic.Org. Https://Www.Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu/Article/View/3206

Asrul, A., Saragih, A., & Mukhtar, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran. Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/12958/1/Evaluasi%20pembelajaran.Pdf

Azizah, H. F., & Tohani, E. (2020). Andragogi Dan Teori Modal Sosial Untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Kelompok Usaha Mandiri. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(1). Https://Doi.Org/10.21831/Diklus.V3i1.24824

B Busnawir. (2023). Konsistensi Internal Instrumen Tes: Perbandingan Beberapa Metode Estimasi Berdasarkan Variasi Ukuran Sampel. Jpm.Uho.Ac.Id, 14(2), 135–146. Https://Doi.Org/10.36709/Jpm.V14i2.100

Baskoro, E. P. (2020). Perencanaan Pelaksanaan Dan Evaluasi Pembelajaran. In Eduvision.

Darma, B. (2020). Statistika Penelitian Menggunakan Spss. In Guepedia.

Dewi, D. A. N. N. (2018). Modul Uji Validitas Dan Reliabilitas. Statistika Terapan, October.

Dinata, F. T., & Rosyana, T. (2021). Analisis Validitas Reliabilitas Dan Indeks Kesukaran Pada Butir Soal Materi Barisan Dan Deret Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3).

Fatayah, F., Yuliana, I., Pendidikan, L. M.-J. B., & 2022, Undefined. (2022). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Dalam Mendukung Ketuntasan Belajar Model Stem. Scholar.Archive.Org. Https://Scholar.Archive.Org/Work/Zzfbyoaz6fcnlj6hnqcstemmii/Access/Wayback/Https://Jurnal.Unipasby.Ac.Id/Index.Php/Jurnal_Buana_Pendidikan/Article/Download/5175/3700/16654

Grasheli Kusuma Andhini, R. D. P. & J. J. (2023). Implementing Zero Waste Pattern Cutting For Sustainable Fashion Collection. Https://Doi.Org/10.46254/Ap03.20220591

Haerullah, H., Nonformal, E. E.-J. Edukasi, & 2020, Undefined. (N.D.). Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal Dan Non Formal. Ummaspul.E-Journal.Id. Retrieved October 15, 2023, From Https://Ummaspul.E-Journal.Id/Jenfol/Article/View/504

Helmi, A., & Choiruddin, Irfan. (2021). 90-Article Text-188-2-10-20200724. Jurnal Aparatur Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral, 5(4).

Ida, F. F., & Musyarofah, A. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Dalam Analisis Butir Soal. Al-Mu’arrib: Journal Of Arabic Education, 1(1). Https://Doi.Org/10.32923/Al-Muarrib.V1i1.2100

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Uji Validitas. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (Ddi), 18210047.

Khalik, Muh. F., Asbar Asbar, & Elihami, E. (2020). The Quality Of Human Resource In Enrekang District. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1).

Kurniawan, H. (2021). Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Https://Books.Google.Com/Books?Hl=Id&Lr=&Id=Flbyeaaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pr4&Dq=Alat+Ukur+Dalam+Bentuk+Butir+Soal+Pilihan+Ganda+Memungkinkan+Responden+Untuk+Memilih+Beberapa+Alternatif+Jawaban+&Ots=Qx_Hs5w3xs&Sig=Smburl7a67ohslkdygq9xvjj1aw

L Fitrianti - Al-Ishlah. (2018). Prinsip Kontinuitas Dalam Evaluasi Proses Pembelajaran. Journal.Staihubbulwathan.Id, 10(1), 2597–2940. Http://Www.Journal.Staihubbulwathan.Id/Index.Php/Alishlah/Article/View/68

Li, H., Kong, F., Chen, T., & Kong, L. (2022). Method For Evaluation And Application Of Production Process Chain Complexity In Sewing Workshops Considering Human Factor. Complexity, 2022. Https://Doi.Org/10.1155/2022/4075358

Mailina, M., E-Societas, N. H.-, & 2019, Undefined. (2018). Peran Lembaga Pelatihan Keterampilan “Jilli” Yogyakarta Dalam Mengembangkan Keterampilan Peserta Kursus Menjahit. Journal.Student.Uny.Ac.Id. Https://Journal.Student.Uny.Ac.Id/Index.Php/Societas/Article/Viewfile/15732/15220

Marianti, R. (2023). Mengukur Pemahaman Siswa Melalui Tes Kemampuan Pilihan Ganda Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X. Https://Osf.Io/Hy2mg/Download

Marlina, A. M. (2021). Wagform Sebagai Alat Evaluasi Pjj Di Sekolah Binaan. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(1). Https://Doi.Org/10.51878/Cendekia.V1i1.23

Maruwae, F., … U. D.-J. J. Of, & 2020, Undefined. (2020). Evaluasi Program Pelatihan Keterampilan Menjahit Di Lkp Tri Nur. Ejournal-Fip-Ung.Ac.Id, 1(1), 2721–0480. Https://Doi.Org/10.37411/Jjce.V1i1.66

Mukhadis, A. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Aditya Media Publishing (Vol. 1, Issue 1).

Novitasari, N., Nonformal, R. L.-J. P., & 2022, Undefined. (N.D.). Proses Pembelajaran Andragogis Dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Di Lembaga Kursus Menjahit. Academia.Edu. Retrieved October 14, 2023, From Https://Www.Academia.Edu/Download/98257042/10834.Pdf

Nurhalimah, S., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Hadi, W. P. (2022). Hubungan Antara Validitas Item Dengan Daya Pembeda Dan Tingkat Kesukaran Soal Pilihan Ganda Pas. Natural Science Education Research, 4(3). Https://Doi.Org/10.21107/Nser.V4i3.8682

Pnf, B. A. N. P. &. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Non-Formal (Pkbm Dan Lkp). Badan Akreditasi Nasional (Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Nonformal).

Pradani, R. A., Analisis, (, Soal, B., & Efendi, D. A. (2023). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Menggunakan Program Iteman (Analysis Of School Exam Questions Using The Iteman Program). Syekhnurjati.Ac.Id, 8(2), 276–289. Https://Doi.Org/10.24235/Ileal.V8i2.11002

Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Realiabilitas. In Staiapress (Vol. 13, Issue 1).

Ramadhan, W., Malahati, F., Romadhon, K., & Ramadhan, S. (2023). Analisis Butir Soal Tipe Multiple Choice Questions Pada Penilaian Harian Sekolah Dasar. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2). Https://Doi.Org/10.21093/Twt.V10i2.6155

Sabani, F., Sinestesia, I. L.-J., & 2023, Undefined. (N.D.). Penguatan Pendidikan Di Masyarakat Melalui Vitalisasi Pendidikan Non Formal Di Kota Palopo. Sinestesia.Pustaka.My.Id, 13(1), 2023. Retrieved October 14, 2023, From Https://Www.Sinestesia.Pustaka.My.Id/Journal/Article/View/323

Santoso, P. B. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Effectiveness Of Google Form Assessment Media On Ict. Prosiding Seminar Nasional, 1(September).

Sosialita, T. D. (2022). Jurnal Abdi Insani. Jurnal Abdi Insani, 9(1).

Suhandi, S., & Maemonah, M. (2022). Analisis Instrument Tes Multiple Choice Sebagai Alat Evaluasi Mata Pelajaran Ski Kelas Ix Di Mts Pringgabaya. Primary Education Journals (Jurnal Ke-Sd-An), 2(2). Https://Doi.Org/10.33379/Primed.V2i2.1363

Suindhia, I. W. (2023). Dampak Google Form Terhadap Antusiasme Siswa Dalam Mengerjakan Ulangan Harian Pada Mata Pelajaran Fisika. Edutech?: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(4). Https://Doi.Org/10.51878/Edutech.V2i4.1870

Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen Penelitian. In Journal Academia.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Jurnal Qosim?: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1). Https://Doi.Org/10.61104/Jq.V1i1.49

Touissi, Y., Hjiej, G., Hajjioui, A., Ibrahimi, A., & Fourtassi, M. (2022). Does Developing Multiple-Choice Questions Improve Medical Students’ Learning? A Systematic Review. In Medical Education Online (Vol. 27, Issue 1). Https://Doi.Org/10.1080/10872981.2021.2005505

Ulum, U. A., & Anriani, N. (2023). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Perencanaan Dan Hasil Evaluasi Di Kelas Xi Otkp Smk Negeri 1 Pandeglang. Jurnal Darma Agung, 31(1). Https://Doi.Org/10.46930/Ojsuda.V31i1.3076

Wahyuni, S., Andriani, R., & Afidah, M. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Google Form Sebagai Media Evaluasi Dalam Model Pembelajaran Hybrid Learning. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2). Https://Doi.Org/10.31849/Dinamisia.V7i2.13606

Yusriyah, W., & Ravena, A. (2022). Evaluasi Program Menjahit Lkp Anita Di Kota Serang. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(4). Https://Doi.Org/10.56444/Soshumdik.V1i4.216

Zikriadi, Umar Sulaiman, & Hifza. (2023). Aneka Jenis Penelitian. Sambara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). Https://Doi.Org/10.58540/Sambarapkm.V1i1.157

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Prihatin , P. ., & Rufi’i, R. (2023). ANALYSIS OF MULTIPLE-CHOICE QUESTIONS TO EVALUATE UNDERSTANDING OF THE CONCEPT OF ZERO WASTE PATTERN CUTTING. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1255–1264. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20754