PENGARUH AGAMA TERHADAP PENYELESAIAN KONFLIK SOSIAL DI MASYARAKAT

Authors

  • Godlif Sianipar Universitas Katolik Santo Thomas
  • Loso Judijanto IPOSS
  • Jenuri Jenuri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Abubakar Abubakar Universitas Serambi Mekkah
  • Latifa Dinar Rahmani Hakim Universitas Mataram
  • Asep Supriyanto Politeknik Piksi Ganesha Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19843

Keywords:

Agama, Konflik, Masyarakat.

Abstract

Konflik sosial merupakan salah satu tantangan utama dalam kehidupan masyarakat yang dapat mempengaruhi stabilitas dan harmoni sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh agama sebagai faktor potensial dalam proses penyelesaian konflik sosial di masyarakat. Dalam konteks ini, agama dianggap sebagai salah satu faktor kultural dan nilai-nilai yang mungkin memainkan peran penting dalam mitigasi, penyelesaian, atau bahkan pencegahan konflik social. Metodologi penelitian ini melibatkan survei, wawancara, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data tentang konflik sosial yang terjadi dalam masyarakat. Sampel penelitian mencakup anggota masyarakat dari berbagai latar belakang agama dan keyakinan. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis untuk menilai peran agama dalam penyelesaian konflik sosial, termasuk penggunaan nilai-nilai agama, mekanisme mediasi agama, dan pengaruh terhadap kebijakan publik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa agama memiliki pengaruh yang signifikan dalam penyelesaian konflik sosial. Nilai-nilai moral, etika, dan ajaran perdamaian yang ditemukan dalam agama sering kali digunakan sebagai panduan dalam menyelesaikan konflik. Selain itu, komunitas agama sering bertindak sebagai mediator atau fasilitator dialog antara pihak yang terlibat dalam konflik. Namun, juga ditemukan bahwa pengaruh agama dapat bervariasi tergantung pada interpretasi dan praktik agama tertentu serta konteks sosial dan politik yang ada. Temuan ini memiliki implikasi penting bagi pemahaman kita tentang peran agama dalam masyarakat yang multikultural dan seringkali konflik. Dengan memahami bagaimana agama dapat berperan dalam penyelesaian konflik sosial, kita dapat mengembangkan pendekatan yang lebih efektif dalam mempromosikan perdamaian, toleransi, dan pemahaman antara kelompok-kelompok yang berbeda dalam masyarakat.

References

Arta, and I Ketut Agus Muliana. “Membangun Dialog Inklusif Dan Berkesadaran Perennial Antar Agama-Agama.” In Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 2021.

Asfiyak, Khoirul. “Ikhtilaf Al-Fuqaha : Studi Tentang Akar Perbedaan Pemikiran Hukum Islam.” Jurnal Ilmiah Ahwal Syakhshiyyah 2, no. 1 (2020): 51–67.

Asrori and Moh Solihuddin. “Inklusifisme Dan Ekslusifisme Serta Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Multikultural.” JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education 3, no. 1 (2019): 116–36.

Butarbutar and Binsar Jonathan Pakpahan. “Konsep Trinitarian Pneumatologis Sebagai Landasan Teologi Agama-Agama.” Kurios, Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 7, no. 2 (2021): 463–77.

Djuniasih and Aceng Kosasih. “Penerapan Karakter Toleransi Beragama Pada Masyarakat Cigugur Kuningan Yang Pluralis.” Jurnal Pendidikan Karakter 9, no. 1 (2019): 1–11.

Fitriani, Shofiah. “Keberagaman Dan Toleransi Antar Umat Beragama.” Analisis: Jurnal Studi Keislaman 20, no. 2 (2020): 179–92. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/ ajsk. v20i2.5489.

Hanafi, Imam. “Eksklusivisme, Inklusivisme, Dan Pluralisme: Membaca Pola Keberagamaan Umat Beriman.” Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman 10, no. 2 (2011).

Jura, Demsy. “Pendekatan Tipologi Tripolar Alan Race Dalam Keberagaman Agama Di Indonesia.” Jakarta: Universitas Kristen Indonesia, 2018.

Karkkainen and Religious Pluralism: The Doctrine of the Trinity in Christian Theology of Religions. Ashgate, 2004.

Meo, Gualbertus. “Konflik Agama Ditinjau Dari Tipologi Agama ‘Perbandingan Agama.’” Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Widya Yuwana Madiun, 2019.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. 36th ed. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2017.

Sari, Yunika. “Tripolar Tipologi Keagamaan Dan Titik Temu Agama.” In Gunung Djati Conference Series. CIIS 4th: Islamic Studies Across Different Perspective: Trends, Challenges and Innovation, 19:405–17, 2022.

Sarira, Iron. “Toleransi Dalam Perspektif Inklusivisme, Pluralisme, Dan Multikulturalisme Terhadap Kajian Penyelesaian Konflik.” Binus University, 2019.

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Sianipar, G. ., Judijanto, L. ., Jenuri, J., Abubakar, A., Hakim, L. D. R. ., & Supriyanto, A. . (2023). PENGARUH AGAMA TERHADAP PENYELESAIAN KONFLIK SOSIAL DI MASYARAKAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 149–152. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19843

Most read articles by the same author(s)