PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SIANTAR

Authors

  • Novita Karolina Bangun Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Junifer Siregar Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Immanuel D. B. Silitonga Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20727

Keywords:

Media Gambar, Kemampuan Menelaah, Teks Berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan menelaah struktur teks berita sebelum menggunakan media gambar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Siantar. (2) untuk mendeskripsikan kemampuan menelaah struktur teks berita sesudah menggunakan media gambar oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Siantar. (3) untuk mendeskripsikan media gambar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menelaah struktur teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Siantar. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah desain pra-eksperimen yaitu desain 1, desain pretest-posttest dengan satu kelompok (One Group Pretest-Posttest). Berdasarkan pengolahan data kemampuan menelaah struktur teks berita tes awal (pretest) dan akhir (posttest), bahwa adanya pengaruh media gambar dalam pembelajaran menelaah struktur teks berita siswa kelas VIII dengan sampel 30 siswa. Berikut hasil yang diperoleh thitung  = 12,2 pada taraf signifikan 0,05 (tingkat kepercayaan 95%). Dengan  df= 29 diperoleh ttabel = 1.69. Dengan demikian, HO ditolak maka Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada kemampun menelaah struktur teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Siantar menggunakan media gambar. Hasil dari penelitian kemampuan menelaah  struktur teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Siantar sebelum menggunakan media pembelajaran yaitu media gambar memperoleh rata-rata 46,8 dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)= 70. Dari hasil tes menelaah struktur teks berita sebelum menggunakan media gambar, (1) Sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menelaah, (2) Kemampuan menelaah siswa masih rendah karena siswa jenuh dan mudah bosan karena kurangnya desain media pembelajaran, (3) Siswa kurang mampu menelaah materi pembelajaran Struktur teks berita. Setelah menggunakan media gambar siswa mendapat nilai rata-rata 78,2 pembelajaran berlangsung dengan baik sesudah menggunakan media gambar

References

Aritonang, Puteri Sion. Dkk. (2015). Pengaruh Media gambar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Jurnal Bahasa Vol 4 No 4 2015

Badara, Aris. 2012. Analisis Wacana: Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Kendari: Kencana Prenada Media Group

Danuri. dan Maisaroh S (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Yogyakarta Samudra Biru

Dewi, Risna Ulan Fatma. dkk, Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Swasta Pelita Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2 No 2 2022

Donald Ary, Lucy Chesar Jacobs, dan Asghar Razavieh (1982) Pengantar Pengantar Penelitian. Surabaya,Penerbit Usaha Nasional

Dwi dkk, (2023). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan Vol 5 No 1 April 2023

Hikmat Dr. H. Mahi M. (2018). Jurnalistik Literary Journalism Kencana, Prenadamedia Group

Kristanto, Andi. (2016). Media Pembelajaran Surabaya, Bintang Sutabaya Anggota IKAPI Daerah Jawa Timur

Kosasih. 2017. Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VIII Edisi Revisi 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maharfanny, Arminda Aghista. (2014) "Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Teknik Pengamatan Langsung Yang Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Kelas VIII A MTS Nurul Ulum Jembayat Kabupaten Tegal" Skripsi Universitas Negeri Semarang

Muammar. (2021) Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur Fabel Dengan Model Discovery Learning dan Media Pohon Telaah. Jurnal Edukasi Khatulisiwa Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia vol 4 no. 1 April 2021

Nurgiyantoro, Burhan. (2016), Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kompetensi. BPFE-Yogyakarta, No. 008

Rosyid, Moh Zaiful. Sa’diyah Halimatus. dan Septiana Nanda 2019. Ragam Media Pembelajaran. Pamekasan:CV.Literasi Nusantara abadi

Saraswati, Rini. 2019. “Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur Dan Kebahasaan Teks Berita Serta Menyajikan Data/Informasi Dalam Bentuk Berita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament” Skripsi Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Sari Yuli. Novita. 2019. Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 48 Medan” Jurnal Edukasi Kultura : Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya

Sudjana, Nana. Ibrahim. 1989 Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Penerbit Sinar Baru Bandung

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D Penerbit Alfabeta Bandung

Sofiatin, Dkk. (2022) Pengaruh Penggunaan Media Belajar ICT dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Menulis Berita Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No. 1 2022

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Bangun, N. K., Siregar, J. ., & Silitonga, I. D. B. . (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SIANTAR . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1196–1206. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20727