OPTIMALISASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN COVID-19 MELALUI LESSON STUDY DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA PAYAKUMBUH SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20452Keywords:
Kompetensi Pedagogis, Pembelajaran Covid-19 dan Lesson StudyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kompetensi pedagogik guru MAN 2 Payakumbuh semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 dalam melaksanakan pembelajaran Covid-19 melalui Lesson Study. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah. Subyek penelitian ini adalah seluruh guru yang mengikuti bimbingan teknis penulisan penelitian tindakan kelas di MAN 2 Payakumbuh semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan pada setiap akhir siklus dilakukan evaluasi dan analisis terhadap kemampuan belajar guru tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi untuk mengamati kemampuan guru, catatan lapangan dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan Lesson Study dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran Covid-19 di MAN 2 Payakumbuh semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata kemampuan mereka dari siklus I ke siklus II. Peningkatan penilaian kemampuan guru berada pada kategori memuaskan (B). Dari rata-rata 80,10 pada siklus I menjadi 87,29 pada siklus II dengan persentase peningkatan sebesar 8,98%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Lesson Study dapat mengoptimalkan kompetensi pedagogik guru MAN 2 Kota Payakumbuh tahun ajaran semester ganjil 2021/2022 dalam melaksanakan pembelajaran Covid-19.References
Ali Imron. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Echols, John M. dan Hassan Shadily. (1983). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia. Cet. XII.
Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Iskandar. (2013). Metodologi penelitian pendidikan dan sosial. Jakarta: Gaung Persada Press.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zulfikar, Yusrizal, & Ibrahim, S. (2017). Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SD Negeri 2 Calang Kabupaten Aceh Jaya, 5(3), 192–198.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sahidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




