TANTANGAN DAN PELUANG DEVISI PARIWISATA DALAM PERSPEKTIF AGAMA ISLAM

Authors

  • Basiran Basiran Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Muthia Khairani Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Indah Nurkomalasari Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Ikha Farikha Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Astrid Vadillah Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20288

Keywords:

Goa Sunyaragi, Peluang, Tantangan.

Abstract

Tulisan ini mengangkat topik “tantangan dan peluang devisi pariwisata dalam perspektif Pendidikan agama islam (Goa Sunyaragi-Cirebon)”. Sebagaimana diketahui, Goa Sunyaragi merupakan suatu wilayah yang sebenarnya bisa berpotensi dalam pengembangan dunia kepariwisataan. Goa Sunyaragi yang berada di wilayah Cirebon termasuk dalam provinsi jawa barat, hampir seluruhnya penduduk di kota Cirebon banyak yang memeluk agama islam. Pada saat ini, kegiatan wisata adalah keniscayaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja tantangan dan peluang yang dihadapi oleh salah satu tempat pariwisata di Cirebon yaitu khususnya Goa Sunyaragi, untuk mengetahui bagaimana pihak yang terkait menghadapinya dalam pelaksanaannya menjalankan pariwisata, agar tempat pariwisata Goa Sunyaragi bisa terus berkembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian campuran (mixed method) yang dimana pendekatan penelitian ini peneliti mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif dan libarary reseaech dalam penelitian yang sama, penelitian metode campuran memungkinkan para peneliti mengeksplorasi beragam perspektif. Sumber data saat melakukan metode kualitatif berasal dari tour guide yang sudah lama bekerja ditempat tersebut. Hasil penelitian ini diketahui bahwa dimana tempat wisata Goa Sunyaragi ini memiliki 3 potensi wisata sekaligus, yakni wisata sejarah, wisata budaya dan wisata religi.

References

Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif, Jakarta: Putra Grafika, 2007.

I Gde Pitana, Pengantar Ilmu Pariwisata, Yogyakarta: Andi Press, 2009.

Hardinoto Kusudianto, Perencanaan Pengembangan Destinasi Pariwisata, Jakarta: UIPress, 1996

Sugyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011.

Wawancara bapak Jajad, Tour Guide tempat wisata Goa Sunyaragi Kota Cirebon, Kamis, 21 September 2023.

Aziz, Abdul, and Faqiuddin Abdul Kodir. "Pengelolaan Taman Wisata Goa Sunyaragi: Dampak Sosial dan Ekonomi bagi Masyarakat." Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah 3.1 (2018): 134-152.

Sunjayadi, A. (2019). Pariwisata Sejarah Untuk Generasi Milenial dan Generasi Z. Abad Jurnal Sejarah, Vol. 03 No(January), 28–41.

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Basiran, B., Khairani, M. ., Nurkomalasari, I. ., Farikha, I. ., & Vadillah, A. . (2023). TANTANGAN DAN PELUANG DEVISI PARIWISATA DALAM PERSPEKTIF AGAMA ISLAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 691–695. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20288

Most read articles by the same author(s)