PERAN BAHASA ARAB DALAM MEMOTIVASI MENGHAFAL AL-QURAN DAN HADITS SISWI SMP-IT IMAM SYAFI’I TALIWANG SUMBAWA BARAT

Authors

  • Basiran Basiran UIN Syber Syekh Nurjati Cerebon
  • Eka Gustianti UIN Syber Syekh Nurjati Cerebon

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22036

Keywords:

Bahasa Arab, Motivasi, Al-Quran.

Abstract

Allah Subhanahu wa ta'ala memilih bahasa Arab sebagai bahasa kitab suci-Nya bukan hanya karena masyarakat di mana Nabi Muhammad SAW ditugaskan sebagai Rasul menggunakan bahasa Arab (bi lisân qawmihi) tetapi juga karena bahasa Arab dianggap mampu dan pantas untuk digunakan. mengakomodasi dan mengungkapkan pesan-pesan Ilahi yang abadi dan universal. Faktor utama selain terpeliharanya bersama dengan “jaminan dan perlindungan Ilahi” mengenai pelestarian Al-Qur’an adalah elan vital (semangat juang, dorongan) dan motivasi keagamaan umat Islam untuk memahami pesan Ilahi dan Tradisi (Sunnah). dari Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam. Selain itu tentunya umat Islam memandang bahasa Arab tampil sangat anggun, luwes dan bernilai sastra tinggi dalam mewariskan berbagai karya intelektual umat Islam dalam bentuk teks, baik kitab maupun manuskrip, yang hingga saat ini masih menjadi bahan kajian dan kajian. sumber inspirasi pemikiran. Islam sangat berharga. Pemahaman bahasa Arab akan memudahkan kita dalam menghafal Al-Qur’an dan Hadits.

References

Ashari, H., & Nugrahanti, T. P. (2021). Household economy challenges in fulfilling life needs during the Covid-19 pandemic. Global Business and Economics Review, 25(1), 21–39.

Ashari, H., & Nugrahanti, T. P. (2022). Menurunnya Prestasi Akademis Mahasiswa Akuntansi pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(2), 233–251.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Nugrahanti, T. P., & Pratiwi, A. S. (2023). The Remote Audit and Information Technology: The impact of Covid-19 Pandemics. JABE (JOURNAL Account. Bus. Educ., Vol. 8, No. 1, Pp. 15–39.

Nugrahanti, T. P., Qurtubi, A. N., Nazmi, R., Husnita, L., & Zahruddin, A. (2023). Pelatihan Pencarian Referensi Penelitian di Jurnal Index Scopus dan Pengenalan Mendeley Desktop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Tingkat Akhir. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 585–591.

Prabowo, R. A., Hita, I. P. A. D., Lubis, F. M., Patimah, S., Eskawida, E., & Siska, S. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket. Journal on Education, 5(4), 12648–12658. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2253

Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234–1239. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13044

Wiradharma, G., Arisanty, M., & Budiman, R. (2023). Preferensi dan perilaku pemanfaatan media mahasiswa perguruan tinggi jarak jauh. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 9(2), 287–304.

Wiradharma, G., Arisanty, M., Budiman, R., & Prasetyo, M. A. (2023). Penggunaan Media Pemasaran Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh Di Indonesia. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 8(2), 299–312.

Wiradharma, G., IKom, S., Ainun, A. N. A., SM, M. M., Vransisca Kissya, S. E., Agustiana, E., IKom, S., IKom, M., Erina Rulianti, S. I. P., & Syaifuddin, E. R. (2023). KOMUNIKASI DAN NEGOSIASI BISNIS. Cendikia Mulia Mandiri.

Wiradharma, G., Prasetyo, M. A., Evriza, E., & Igiriza, M. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Danau Toba Pasca Pandemi Covid-19 sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 11(3), 71–77.

Wiradharma, G., Sediyaningsih, S., Fahmi, Z., Prasetyo, M. A., & Anggraini, C. C. D. (2023). Welcoming Guests in Indonesian Traditions: Cultural Studies in Minang, Bugis, Palembang, and Surakarta Dance. PERSPEKTIF, 12(2), 422–433.

https://staitbiasjogja.ac.id/v2/2021/03/pentingnya-bahasa-arab-untuk-seorang-muslim/

https://id.quora.com/Saya-ingin-belajar-bahasa-Arab-untuk-memahami-Al-Quran-dan-hadist-hadistnya-Bagaimana-saya-memulainya

https://osf.io/rnjcd/download

https://www.uinsaid.ac.id/id/pentingnya-belajar-bahasa-arab-dalam-islam#:~:text=Bahasa%20Arab%20memiliki%20peran%20yang,seseorang%20dalam%20memahami%20agam%20islam.

http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra

https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtikar/article/download/7725/pdf_48

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Basiran, B., & Gustianti, E. . (2023). PERAN BAHASA ARAB DALAM MEMOTIVASI MENGHAFAL AL-QURAN DAN HADITS SISWI SMP-IT IMAM SYAFI’I TALIWANG SUMBAWA BARAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2498–2504. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22036

Most read articles by the same author(s)