TUGAS, PERAN, DAN FUNGSI GURU DALAM PENDIDIKAN

Authors

  • Ahmad Musanna Madrasah Nusa Tenggara Barat
  • Basiran Basiran Madrasah Nusa Tenggara Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20286

Keywords:

Tugas, Peran, Fungsi, Guru

Abstract

Guru merupakan unsur yang sangat penting dan tidak bisa diabaikan begitu saja dalam prosesbelajar mengajar, sebab guru dapat menetukan berhasil atau tidaknya sebuah proses belajar mengajar. Oleh karena itu, dalam proses pendidikan dan pengajaran perlu tersedianya guru yang qualified, artinya ialah disamping menguasai materi pelajaran, metode mengajar, juga mengerti tentang dasar- dasar pendidikan. Dasar-dasar pendidikan amat sangat penting diketahui oleh seorang guru dalam melaksanakan tugasnya yang mulia sebagai pengajar atau pendidik, hal ini merupakan sebagai sarana untuk membangkitkan dan memotivasi siswa dalam proses belajar mereka. Walaupun penguasaan materinya sangat baik, akan tetapi tidak didukung oleh pengetahuan akan faktor-faktor didaktis, maka akan menimbulkan dampak sebuah hambatan dalam penguasaan materi bagi siswa terhadap apa-apa yang disampaikan oleh guru tersebut. Meskipun terhadap pengalaman belajar justru menjadikan guru lebih mudah dalam menyampaikan pelajaran disertai dengan penggunaan metode yang baik dantepat.

References

Adz-Dzakiey, Hamdan Bakran, Prophetic Intelelligence; Kecerdasan Kenabian ” Menumbuhkan Potensi Hakekat Insani Melalui Pengembangan Kesehatan Ruhani” (Jogjakarta :Islamika, 2004).

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta : Rajawali, 1999).

Indrakusuma, Amier Daien, Pengantar Ilmu Pendidikan, (Surabaya : Usaha Nasional, 1999).

Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karakteristik dan Implementasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004).

Mulyasa, E., Menjadi Guru Professional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2005).

Suparlan, Guru Sebagai Profesi, ( Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2006). Suparlan, Menjadi Guru Efektif, ( Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2005).

Undang-Undang Sisdiknas Th 2003, (Jogjakarta: Media Wacana, 2003) Bab XI Pasal 39 Ayat 1 & 2.

Usman, Moh. Uzer, Menjadi G uru Profesional,( Bandung : PT Remaja Rosdakarya, Edisi Kedua, 2005).

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Musanna, A. ., & Basiran, B. (2023). TUGAS, PERAN, DAN FUNGSI GURU DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 683–690. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20286

Most read articles by the same author(s)