RAGAM MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD

Authors

  • Ida Bagus Made Budiasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Suma Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20119

Keywords:

Model Pembelajaran Sekolah Dasar, Model Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD tidak semudah yang dibayangkan. Masih banyak pendidik yang kesulitan dalam menyampaikan materi pelajaran kepada anak didiknya. Salah satu penyebabnya adalah pendidik masih monoton menggunakan model pembelajaran yang sama pada semua tema dan subtema materi. Selain itu, pendidik perlu menyelaraskan persepsi yang disebut dengan model pembelajaran, dan bagaimana keefektifan model pembelajaran yang sesuai untuk pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Oleh karena itu, penulis juga mencoba menggali informasi tentang model pembelajaran melalui berbagai media e-book dan jurnal dengan menggunakan metode studi pustaka. Tujuannya agar para pendidik mengetahui dan memahami berbagai macam model pembelajaran yang dapat digunakan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Dan dari hasil studi pustaka ini ditemukan berbagai model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Ditemukan pula, mana yang termasuk dalam penyebutan pendekatan atau model pembelajaran.

References

Apri Damai, dkk.,2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD, Jakarta: Media Maxima. Angkola, N. I. D. (2019). Serapan bahasa arab pada budaya akikah. Jurnal Kajian Bahasa, 8(1),

-52.

Basiska Winda Arifina. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas III. JPGSD, Volume 03 Nomor 02 Tahun 2015

Debi Febianto. Implikasi Fase Pemerolehan Bahasa Siswa Sekolah Dasar Terhadap Proses Pengajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Volume IX Edisi 1 2019

Hamzah B. Uno, Nurdin Mohammad, 2012. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM, Jakarta: Bumi Aksara

Hayatin Nisa, Disman, Dadang Dahlan. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik. Manajerial, Vol. 3 No.5 Juni 2018

Hilda Karli. Penerapan Pembelajaran Tematik SD di Indonesia. EduHumaniora: Vol. 2 No.1 Januari 2010

Lilis Sumaryanti. Profesionalitas Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Tingkat MI/SD (Tuntutan, Fakta dan Solusi). AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, Vol.02, No.02, Januari-Juni 2018

Masruroh Mahmudah. Urgensi Diantara Dualisme Metode Pembelajaran Ceramah dalam Kegiatan Belajar Mengajar untuk Siswa MI/SD. CAKRAWALA, Vol. XI, No. 1, Juni 2016

Ngalimun. (2016). Strategi model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Nur Hakim. Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI/SD kelas II B tema 6 Subtema 3. Awwaliyah: Jurnal PGMI, Volume 1 Nomor 2 Desember 2018

Rusman. (2018). Model-model pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta

: Raja Grafindo Persada.

Sari, Y. A., Utama, F., & Yawisah, U. (2019). Request and Politeness Strategy by Native Dayanese at OKU South Sumatra Indonesia. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 8(1), 230-235.

Saefuddin, A. & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sari Mahdalena dan Moh. Sain. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model

Pembelajaran Cooperative Script pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VA Siswa Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin. Vol. 1 No.1, Januari-April 2020

Siti Johariyah dan Yuanita Resti. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Tingkat MI. Al-Bidayah, Vol. 4 No.2, Desember 2012

Sri Puspoyanti. Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas III Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN 2 Moyoketen Tulungagung. JURNAL PENA SD VOL 03 NO 01. 2019

Suhono, S., Hamdiah, H., Asnawi, H. S., Ali, N., & Dea, L. F. (2020). Pengembangan Bahasa Lisan Anak Usia Dini Melalui Metode Tanya Jawab di Raudhatul Athfal (RA) Nurul Muttaqin. Jurnal Al Qiyam, 1(2), 108-117.

Suhono, S., Zuniati, M., Pratiwi, W., & Hasyim, U. A. A. (2020). Clarifying Google Translate Problems Of Indonesia-English Translation Of Abstract Scientific Writing.

Sukmadinata, N.S. & Syaodih, E. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.

Suprihatiningrum, Jamil (2013). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Suwatno. Pengembangan Media VCD Konteks Pertanian pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Aspek Mendengarkan dan Menulis Pengumuman di SD/MI kelas IV Semester 2. SELOKA 1 (1) (2012)

Trianto (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ulifatus Pebriana, Dyah Woro Wirastri Ekowati, Frendy Aru Fantiro. Peningkatan Ketrampilan Menyimak Melalui Model Pembelajaran Artikulasi dan Media Boneka Tangan pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN Pejok II Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD Volume 5, Nomor 2, September 2017

Ummul Khair. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR- RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar vol. 2, no. 1, 2018

Yanti Kusuma. Analisis Komunikatif Peserta Didik pada Pokok Materi Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Dawuh: Vol.1, No.3, November 2020

Yuentie Sova Puspidalia. Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia MI/SD dan Alternatif Pemecahannya. Cendekia Vol. 10 No. 1 Juni 2012

Yusron Yusuf. Pengembangan Model Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas IV Berbasis Kecerdasan Spiritual di MI Al-Ma’arif 04 Singosari Malang. NOSI Volume 3, Nomor 1, Agustus 2015

Zed, Mestika 2003. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Downloads

Published

2023-10-22

How to Cite

Budiasa, I. B. M. ., Suma, K. ., & Suastra, I. W. (2023). RAGAM MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 593–604. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20119