PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN MENGHADAPI TEKANAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON

Authors

  • Fatima Suatrat Universitas Pattimura Ambon
  • Pius Weraman Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Sophia Rahmi Politeknik Pajajaran ICB Bandung
  • Bambang Winardi Universitas Diponegoro
  • Aat Ruchiat Nugraha Universitas Padjadjaran
  • Hamirul Hamirul Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muaro Bungo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19374

Keywords:

Pendidikan, Tekanan, Mahasiswa.

Abstract

Peningkatan tekanan akademik dan sosial pada mahasiswa di lingkungan Universitas Pattimura Ambon telah menimbulkan kebutuhan mendesak untuk mengembangkan kemampuan menghadapi tekanan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pendidikan karakter terhadap kemampuan mahasiswa dalam mengatasi tekanan di lingkungan Universitas Pattimura Ambon. Melalui pendekatan kuantitatif, kami melakukan survei terhadap sampel mahasiswa dari berbagai program studi di Universitas Pattimura Ambon ABC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program pendidikan karakter memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kemampuan mahasiswa dalam menghadapi tekanan. Mahasiswa yang terlibat dalam program ini menunjukkan peningkatan dalam keterampilan regulasi emosi, pemecahan masalah, dan resiliensi. Selain itu, mereka lebih mampu menjaga keseimbangan antara tuntutan akademik dan kehidupan pribadi, serta memiliki tingkat stres yang lebih rendah. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan bukti empiris yang kuat tentang dampak positif pendidikan karakter dalam membantu mahasiswa menghadapi tekanan di tengah tantangan akademik dan sosial yang ada di lingkungan Universitas Pattimura Ambon. Implikasi dari temuan ini menyoroti pentingnya memasukkan pendidikan karakter dalam kurikulum pendidikan tinggi untuk mempersiapkan mahasiswa dalam mengatasi tekanan serta mengembangkan kesejahteraan psikologis yang lebih baik.Top of Form

References

Adam , H & Santoso, M.H. (2012). Analisis Perilaku Ketidakjujuran Akademik pada Mahasiswa Akutansi dengan Menggunakan Konsep Fraud Triangle. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB UB Vol. 2 No. 2.

Dharmawan, N. S. (2014). Implementasi Pendidikan karakter Bangsa pada Mahasiswa di Perguruan Tingi. Makalah.

Dole, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 6, halm 3675-3688.

Hadi, S. (2016). Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartadinata, S. (2018). Arah dan Tantangan Bimbingan dan Konseling Profesional: Proposisi Historik-Futuristik . Bandung: Universitas Pattimura Ambon Pendidikan Indonesia.

Kurniasih, Imas, Berlin Sani. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Bandung: Kata Pena.

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasi Secara Terpadu di Lingkkan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lickona. (2012). Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Bandung: Bumi Aksara.

Manalu, J. (2014). Pendidikan Karakter terhadap Pembentukan Perilaku Mahasiswa (Studi Kasus Proses Pendidikan Karakter dalam HMS Sosiolog Universitas Pattimura Ambon Mulawarman Kalimantan Timur). e-Journal Psikologi Vol. 2 No. 4, hlm 26-28.

Maria, Rika, Rifma & Syahril. (2021). Efektivitas Pembelajaran dan Pembinaan Karakter di Masa Pandemi Covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 4, halm 1503-1512.

Marsono. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Budaya di Era Milenial. Tantangan dan Peluang Dunia Pendidikan di Era 4.0 (pp. 51-58). Bali: Dharma Acarya.

Marzuki. (2013). Revitalisasi Pendidikan Agama di Sekolah dalam Pembangunan Karakter di masa Depan. Jurnal Pendidikan Karakter 3(1), 64-76.

Maswardi, A. (2015). Pendidikan Karakter Anak Bangs. Yogyakarta: Calpulis.

Megawangi, R. (2010). Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: IHF (Indonesia Heritage Foundation).

Mentari, A. (2017). Study Thought Ki Hajar Dewantara on the Concept of Character and National Education. 4th International Conference on English Literature and Humanities, (pp. 480-484). Lampung.

Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta'dib.

Setiawati, A. N. (2017). Pendidikan Karakter sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pattimura Ambon Negeri Medan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SIstem Pendidikan Nasional Vol. 1 No. 1 2017, 348-352.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualittif, dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia . Jakarta: Kencana Media Group.

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

Suatrat, F. ., Weraman, P. ., Rahmi, S. ., Winardi, B. ., Nugraha, A. R. ., & Hamirul , H. . (2023). PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN MENGHADAPI TEKANAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 775–781. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19374