PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SOLE (SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 POLLUNG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN

Authors

  • Tigor Sitohang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Elza Leyli Lisnora Saragih Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Lastioma Tiarma Lumban Gaol Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19288

Keywords:

Model Sole (Self Organized Learning Environment), Kemampuan Menulis Teks Berita.

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) Terhadap Kemampuan  Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII Di SMPN 4 Pollung Kabupaten Humbang. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen, menggunakan desain penelitian One Group Pretest dan Posttest. Populasi penelitian 109 dan sampel 27 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling. Hasil penelitian pretest menunjukkan bahwa jumlah siswa yang lulus KKM dalam  menulis teks berita berjumlah 3 orang (11%), dan setelah menggunakan model pembelajaran SOLE terdapat peningkatan jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 18 (67%) orang. Didapat Lhitung = 5,58 dan Ltabel =1,70 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) dapat meningkatkan kemampuan menulis berita siswa pada pelajaran bahasa Indonesia pada jenjang SMP kelas VIII.

References

Aidawati SMK Negeri, N. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Pada Siswa Kelas Xii Multimedia Di Smk Negeri 1 Samarinda Tahun Pelajaran 2017/2018 Improving News Text Writing Skills Using Project Based Le. In Suntingan II.

Aaliyah, M. P., & R, S. (2023). Pengaruh Model SOLE (Self Organized Learning Environment) dan Minat Baca terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Basicedu, 7(1), 401–310. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V7I1.4650

Bangun, E. PA. Koagouw, F. V. I., & Kalangi, J. S. (2019). Analisis Isi Unsur Kelengkapan Berita Pada Media Online Manadopostonline.com. Acta Diurna Komunikasi, 1(3), 4–13. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/255 60

Baroya, E. P. I. H., Suryaningsih, S., Nurlita, R., Islam, U., Syarif, N., Jakarta, H., Azizah, M. N., Noor, T., Rosnani, R., Rahayu, R., Iskandar, S., Abidin, Y., Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., Adi, N. H., S.Nurhayati, M. Evi Hotfrida, G. Ira Echelinta, Z. A., … Fariha, A. (2022). The Effect of Sole Model Teaching Technique on The Ninth Grade Students’ Ability in Writing Report Text Nurhayati. Jurnal Basicedu, 6(2), 179–187.

Ecip, S. S., Sastro, Y., Sudarjat, E., & Salam, I. A. (2020). Teknik Mencari dan Menulis Berita (3rd ed.). CV. Allied Jaya.

Firdaus, W., & Tamsin, A. C. (2019). Karakteristik Struktur Dan Kebahasaan Teks Berita Karya Siswa Kelas Viii Smp Negeri 12 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(4), 35. https://doi.org/10.24036/10 6909-019883

Hatmo, K. T. (2019). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia (S. Wibawa (ed.)).Lakeisha.

Hunanda Kuswandari, A. (2018). Kontribusi Kemampuan Berpikir Kritis Sebagai Konstruksi Peningkatan Keterampilan Menulis Esai. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 4(1). https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.2410

Marlina, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Berbasis Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SD. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 70. https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5319

Mutiasari, M. (2021). Penerapan Model Self Organized Learning Environment Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 9(2), 95–103.

Panggabean, Sarma, and Pontas Jamaluddin Sitorus. 2020. “Studi Karakter Bernalar Induktif Pada Kemampuan Menulis Kritis Dan Ilmiah Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas HKBP Nommensen.” Kode: Jurnal Bahasa 9(3): 155–62.

Putri, W., & Ratna, E. (2020). Korelasi Keterampilan Menyimak Teks Berita Dengan Keterampilan Menulis Teks Berita. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 461. https://doi.org/10.24036/108235-019883

Rahayu, A. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa. Jurnal Paradigma, 12, 88–106. https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/117/95

Rahmawati, F. (2022). Pengaruh Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Pada Kelas VIII.

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal?: Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343

Ruslan Udin, L. (2023). RECOUNT BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH MENENGAH. 1(1).

Sembilanbelas, U., & Kolaka, N. (2023). Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pomalaa Kabupaten Kolaka dalam Menyimpulkan Isi Berita yang Dibaca. 2(4), 1461–1474.

Setyorini, H., Sari, N. K., & Sutrisno, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Sole (Self Organized Learning Environments) Terhadap Prestasi Belajar Berbasis HOTs (High Order Thinking Skills). Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 45. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11357

Sholichah, A. F. (2019). Pembelajaran Self-Organised Learning Environment (Sole) Dalam Penyelesaian Tugas Di Smp Negeri 9 Semarang. In Lib Unnes. https://lib.unnes.ac.id/33343/

Sinambela, P. N. J. M., Bulan, A., Febrina, A., Susilowati, N., Fatchurrahman, M., Novianti, W., Sembiring, E. T. B., Subroto, D. E., & Mardhiana, D. (2022). Model-Model Pembelajaran (M. R. Kurnia & F. N. Kartikasari (eds.)). Sada Kurnia Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=4ByeEAAAQBAJ

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. ALFABETA, cv.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, R&D (29th ed.).

ALFABETA.

Suhandang, K. (2018). PENGANTAR JURNALISTIK Seputar Organisasi, Produk dan Kode Etik (M. A. Elwa (ed.); Revisi). NUANSA CENDEKIA.

Suparman, J., Liana, O., & Isnaini, H. (2019). Penerapan Metode Brainstorming Dalam Pembelajaran Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII Mts. Al Mufti. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Indonesia, 2(November), 967–978.

Wati, N. K. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments Berbasis Tri Kaya Parisudha untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–10. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/edukasi/article/view/1387

Wiyogo, A. (2020). Dampak Kurikulum 2013 Terhadap guru dan Siswa SD. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMA JA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.

Yunus, M., Puji, S., Prakoso, T., & Cahyani, I. (2020). Keterampilan Menulis (H. Thator (ed.); 1st ed.). JAYA ABADI UTAMA.

Downloads

Published

2023-10-14

How to Cite

Sitohang , T. ., Saragih, E. L. L. ., & Gaol, L. T. . L. . (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SOLE (SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 POLLUNG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 329–336. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19288

Most read articles by the same author(s)