PENGARUH METODE SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19351Keywords:
Metode Scamble, Kemampuan Mengindetifikasi Unsur-Unsur, Teks BeritaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Scramble Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kunatitatif eksperimen dengan desain eksperimen posttest-only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 30 yang tentunya dengan teknik sampling jenuh.Teknik analisis data digunakan adalah uji hipotesis, uji homegenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan untuk eksperimen posttest dan posttes menggunakan metode scramble, diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol posttes 56,73 dan dikelas eksperimen 78,2. Berdasarkan hasil perhitungan Setelah itu, nilai yang diketahui akan disesuaikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1, df = 30-1 menjadi 29. Berdasarkan df 29 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,045. Berdasar perhitungan yang telah dilakukan maka, dapat diketahui bahwa t_hitung>t_(tabel ) yaitu 10,80 > 2,045. Dengan demikian hipotesis awal (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dinyatakan bahwa Metode Scramble Berpengaruh Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita.References
Saragih, E. L. L. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Berita Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2. Jurnal Fusion, 2(03), 454-460.
Panggabean, S. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital melalui Metode Storytelling dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa-Siswi Kelas VII di SMP N 1 Tarabintang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3366-3370.
Ali, iM. i(2020). iPembelajaran iBahasa iIndonesia iDan iSastra i(Sastra) iDi iSekolah iDasar. iPERNIK?: iJurnal iPendidikan iAnak iUsia iDini, i3(1), i35–44. ihttps://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Barus, iB. iK. iE. iC. i(2023). IMenulis ITeks IBerita ISiswa IKelas IVIII ISMP ISwasta ITiga. i4(1), i23–30.
Harefa, iT. i(2021). iPeningkatan iKemampuan iMengidentifikasi iUnsur-Unsur iTeks iBerita iMenggunakan iModel iPembelajaran iTeam iQuiz. iJurnal iReview iPendidikan idan iPengajaran, i4(2), i377–388. ihttps://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3278
Juniartini, iN., i& iRasna, iI. i(2020). iPemanfaatan iAplikasi iGoogle iMeet iDalam iKeterampilan iMenyimak iDan iBerbicara iUntuk iPembelajaran iBahasa iPada iMasa iPandemi iCovid-19 i1 iNme. iJurnal iPendidikan idan iPembelajaran iBaRosita, iE., iAstuti, iE. iP., i& iFadilah, iI. i(2021). IDoodle IArt IDalam IKemasan IKembang IGoyang. IPara IVisual: iJurnal iDesain iKomunikasi iVisual iDan iMultimedia, i1(1), i9–16.bahasa iIndonesia, i9(2), i133–141.
Panggabean, S. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital melalui Metode Storytelling dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa-Siswi Kelas VII di SMP N 1 Tarabintang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3366-3370.
Poni iErnis, iN. iW. i(2022). IPenerapan IModel IPembelajaran IScramble ITerhadap IKeterampilan IMenulis ITeks IEditorial iPoni. iKiba iSp, i5, i179–187.
Putri, iW., i& iRatna, iE. i(2020). iKorelasi iKeterampilan iMenyimak iTeks iBerita iDengan iKeterampilan iMenulis iTeks iBerita. iPendidikan iBahasa iIndonesia, i8(3), i461. ihttps://doi.org/10.24036/108235-019883
Riana, iR., i& iGulo, iL. i(2022). iPeningkatan iKemampuan iMengidentifikasi iTeks iUlasan iDengan iMenggunakan iModel iPembelajaran iScramble. iEducativo: iJurnal iPendidikan, i1(2), i537–543. ihttps://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.74
Rindha, iN. iR., iPadang, iU. iN., iHafrison, iM., iPadang, iU. iN., iTawar, iA., i& iBarat, iS. i(2023). iCiri iKebahasaan iTeks iBerita iKarya iSiswa iKelas iVIII iSMPN i3 iX iKoto iKab i. iTanah iDatar. i2(1), i171–183.
Sanjaya, iF. iD., iAgustina, iR., i& iWiranty, iW. i(2020). iMeningkatkan iKeterampilan iMenulis iTeks iBerita iDengan iMetode iPicture iand iPicture iPada iSiswa iKelas iViii iSmp iNegeri i1 iSengah iTemila. i1(1), i1–11.
Saragih, D. R., Sirait, J., & Gusar, M. R. S. (2022). Pengaruh Metode Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Pematangsiantar. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(2).
Saragih, E. L. L. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Berita Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2. Jurnal Fusion, 2(03), 454-460.
Siagian, B. A., & Sihombing, S. U. M. (2022). Optimalisasi Pendekatan Multimodal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, (4).
Solihah, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Berita Dan Menyimpulkan Isi Teks Berita Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019) (Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi).
iSugiyono.(2019).Metode iPenelitian iKuantitatif. iBandung.
Tanjung, iR., iSupandi, i& iThoyyib, iA. iM. i(2021). iPenerapan iMetode iScramble iDalam iMeningkatkan iPembelajaran iBahasa iIndonesia iDi iKelas iV iSd iNegeri. iJurnal iTahsinia i(Jurnal iKara iUmum idan iIlmiah), i2(2), i124–133.
Usman, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Menyimak Berita Menggunakan Media Audiovisual Dengan Metode Tanya Jawab Siswa Kelas Viii-D Smp Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa (Doctoral Dissertation, Univesitas NegeriMakassar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eva Ria Sitinjak, Elza Leyli Lisnora Saragih, Sarma Panggabean
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.