IMPLIKASI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA - SISWI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG MORAWA

Authors

  • Harry Maruli Siagian Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Tigor Sitohang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Elza L.L. Saragih Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Beslina Afriani Siagian Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Monalisa Frince S Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19287

Keywords:

Media Video Transaksi Jual Beli, Teks Negosiasi, Kemampuan Menulis

Abstract

Keberhasilan suatu pendidikan dapat dicapai dengan tingkat pembelajaran yang menyenangkan baik menggunakan media yang mampu mengembangkan niat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa Implikasi Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa - Siswi Kelas VIII SMP  Negeri 2 Tanjung Morawa TP 2023/2024. Penelitian ini menggunakan populasi yang berjumlah 60 dan sampel berjumlah 30 siswa pada setiap kelas VIII SMP HKBP Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif atau juga disebut dengan metode discovery, yaitu menentukan dan menganalisis data dengan konkret atau empiris, objektif, terukur, rasional dan sistematis dengan memaparkan kejadian pada dua variabel yang diteliti. Sesuai dengan metode kuantitatif ini yang berusaha menyajikan data dalam suatu penelitian yang sedang berlangsung Perhitungan hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji "t" pada taraf signifikan a= 0,05. Dari data perhitungan thitung > tabel yaitu 4,8 > 2,0 Oleh karena itu, hipotesis nihil (H?) ditolak dan hipotesis alternatif (H?) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya Implikasi Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa - Siswi Kelas VIII SMP  Negeri 2 Tanjung Morawa TP 2023/2024.

References

Banurea, E. G. N., & Saragih, E. L. L. (2022). Pengenalan Literasi untuk Kemampuan Membaca dan Menulis di Kalangan Anak Muda. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(02), 182-191.

Cahyo, P. D., & Hastuti, H. (2020). Pengembangan Media Video Storyline untuk Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X MIPA I di SMAN 3 Kerinci. Jurnal Kronologi, 2(3), 1-9.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Daryanto. 2018. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Kosasih, E. 2018. Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya. Kosasih, E. 2020. Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Radani, N., & Hutagalung, T. (2020). SeBaSa Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia THE ABILITY TO WRITE NEGOTIATED TEXT ON MULTIMEDIA GRADE X STUDENTS OF SMKN 10 MEDAN IN ACADEMIC YEAR 2019/2020.

Sitorus, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kine Master Pada Materi Segi Empat Dan Segitiga (Doctoral dissertation, UNIMED).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Umayah, I., Bunga Annisa, P., Fauziya, D. S., & Siliwangi, I. (2019). PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE DI KELAS X. THINK PAIR SHARE) |, 987.

Downloads

Published

2023-10-16

How to Cite

Siagian , H. M. ., Sitohang, T. ., Saragih , E. L. ., Siagian, B. A. ., & Monalisa Frince S. (2023). IMPLIKASI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA - SISWI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG MORAWA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 412–422. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19287