IMPLEMENTASI METODE TEBAK KATA PADA PELAJARAN FIQIH DI DTA AL-AMALIYAH PASIRJENGKOL KARAWANG

Authors

  • Widia Fitri Yustika Dewi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19079

Keywords:

Implementasi, Metode Tebak Kata, Fiqih.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Implementasi Metode Tebak Kata Pada Pelajaran Fiqih Di DTA Al-Amaliyah Pasirjengkol Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Kualitatif. Objek penelitian ini adalah Santri DTA Al-Amaliyah dan subjek penelitiannya adalah Santri kelas 1 DTA. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, dan observasi. Teknik yang dilakukan dengan cara Deskriptif Kualitatif, dimana data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan Analisis Kualitatif. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut : (1) Untuk mengetahui Implementasi Metode Tebak Kata dalam pelajaran Fiqih (2) Untuk mengetahui hambatan siswa pada pelajaran Fiqih. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka penulis bermaksud mengemukakan rekomendasi yaitu bagi guru untuk memilih metode pembelajaran yang tepat terhadap implementasi pembelajaran Fiqih dan mata pelajaran yang lainnya. Salah satunya adalah dengan menerapkan metode baru yang lebih efektif seperti metode Tebak Kata yaitu metode belajar sambil bermain agar guru lebih mudah menyampaikan materi dan informasi kepada siswa dan lebih mudah di pahami oleh siswa dengan baik.

References

Abdillah. (2002). Pengertian Belajar dari Berbagai Sumber (Belajar dan Pembelajaran). Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. , Pub. L. No. 20 (2003). Jakarta.

Depdiknas. (2003). Undang - Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat PPTK dan KPT Dirjen Dikti.

Joyce, B., Well, M., & Calhoun, E. (2005). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muliawan. (2016). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. (2005). Dasar - Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV Sinar Baru.

Downloads

Published

2023-09-17

How to Cite

Dewi, W. F. Y. . (2023). IMPLEMENTASI METODE TEBAK KATA PADA PELAJARAN FIQIH DI DTA AL-AMALIYAH PASIRJENGKOL KARAWANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 476–482. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19079