INCREASING THE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH WORD CHAIN GAME (WCG) AT THE EIGHTH GRADE OF UPTD SMP NEGERI 4 GUNUNGSITOLI IN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18455Keywords:
Kosakata, Permainan Rantai Kata, PTKAbstract
Kosakata merupakan salah satu komponen awal dalam mempelajari bahasa Inggris. Menguasai kosakata berarti dapat menyampaikan dan menulis sebuah ide melalui kata-kata yang bermakna. Faktanya, siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 4 Gunungsitoli memiliki masalah dalam penguasaan kosakata yang berdampak pada tulisan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah siswa dalam penguasaan kosakata melalui permainan rantai kata. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Pada siklus I menunjukkan bahwa terdapat 20 siswa yang tidak lulus KKM dari 32 siswa dan nilai rata-rata siswa adalah 59,57. Selain itu, pada siklus I terdapat hasil evaluasi siswa dengan nilai terendah 10 dan nilai tertinggi 85. Pada siklus II, semua siswa telah lulus KKM dari 32 siswa dan dengan nilai rata-rata siswa 91,31 serta terdapat nilai terendah 80 dan nilai tertinggi 100. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan permainan rantai kata dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa.References
Atia,Nurul, Rachmawati, Yanto. (2022). Improving Students’ Vocabulary Mastery By Using The Rumah Belajar Application At One Of Junior High Schools. Journal of Language Education, Volume 1 No. 1.
Ashary Muhammad, R., & Manurung, K. (2021). a Study on the Implementation of Word Chain Game in Teaching Vocabulary Mastery. English Language Teaching Society (ELTS), 9(3), 29–40.
Barus, Kristi Hema Bina Br & Panjaitan, Nelson Balisar. (2022). The Correlation Between Vocabulary Mastery and Writing Skill a Meta-Analysis. English Language Education and Literature Vol. 7 No. 1.
Cullen, A.T. (1998). 50 Wonderful Word Games: Easy and Entertaining Activities That Build Essential Language- Arts Skills. Scholastic Inc. Retrieved June 13th2017 from books.google.co.id.
Dalimunte, M, Salmiah. M, Polem. M. A. (2018). VISION: Journal of Language, Literature & Education. 14(14).
Darmawan, S. L., & Fatmawati, G. N. (2019). The Comparison of Using Chain Word and Pictionary Games Toward Vocabulary Mastery. Intensive Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.31602/intensive.v1i1.1865.
Firmansyah, A.Y. & Adi, H (2015). Applying The “Word Chain” Game To Teach Descriptive Speaking To The Eight Graders In Smpn 26 Surabaya. Jurnal Mahasiswa UNESA, 3 (2), 1-7. Retrieved March 2nd, 2017 from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.
Hanafiawi, D., Muharam, H., A, P. (2020). The Use of Clustering Technique to Improve Students’ Skill in Writing Descriptive Text. Professional Journal of English Education,Volume 3, No. 1.
Hyakka, Y. (2014). Kazuhide: Nihon'nobunka kanko rekishi jiten. Retrieved April 2 nd, 2019 from
Nasution, W. M., Harida, E, S., Oktapian A. (2020). Anagram Game to Teach Vocabulary Mastery for Islamic Junior High School Students. Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, Vol. 06 No. 2.
Safura, Siti, Helmanda Cut Mawar. (2022). Using Game In Improving Students’ Vocabulary Mastery. Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vo. 6, No. 1
Ratnaningsih, P. W., Clara Catharin. 2021. The Effect Of Vocabulary Towards Writing Skill With Reading Skill As Moderating Effect. Journal of Applied Linguistics and Literature, Vol 6, No. 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jenidar Permata Sari Gulo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.