IMROVING THE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH ANAGRAM GAME AT THE TENTH GRADE OF SMK NEGERI 1 GUNUNGSITOLI BARAT IN 2022/2023

Authors

  • Iman Agus Trisnawati Lase Universitas Nias
  • Yaredi Waruwu Universitas Nias
  • Elwin Piarawan Zebua Universitas Nias
  • Afore Tahir Harefa Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18435

Keywords:

Vocabulary, Anagram Game, Classroom Action Research (CAR)

Abstract

Kosakata merupakan komponen terpenting dalam belajar bahasa Inggris untuk dapat memahami materi yang akan dipelajari dalam bahasa Inggris. Penguasaan adalah kemampuan yang diharapkan dapat dicapai oleh setiap siswa dalam suatu tujuan pendidikan. Namun pada kenyataannya siswa kelas 10 SMK Negri 1 Gunungsitoli Barat mempunyai permasalahan dalam penguasaan kosakata: siswa tidak memiliki banyak kosakata dalam bahasa Inggris, Siswa tidak dapat mengetahui kata-kata bahasa Inggris dan penggunaannya, siswa sulit untuk mengidentifikasi dan memahami arti kata-kata. Berdasarkan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah siswa untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa melalui Permainan Anagram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam siklus II dan terdiri dari 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan bahwa dari 27 siswa yang berjumlah 27 siswa, terdapat 23 siswa yang tidak tuntas dan rata-rata nilai siswa sebesar 45,57%. Dan pada siklus II seluruh siswa tuntas dalam MCC dengan nilai rata-rata siswa sebesar 97,74%. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan permainan Anagram dapat meningkatkan kosa kata siswa dan mengatasi masalah siswa dalam penelitian ini.

References

Asranida, L. O. W., Melansari, N. (2019). The Effect of Using Anagram Game in Improving Students’ Vocabulary Mastery at the Eleventh Grade of SMA Negeri 4 Baubau. English Educational Journal (E2J).

Barus, H. R., Tampubolon, J. (2022). Improving Students Vocabulary Achievement Through Anagram. Journal Of Classroom Action Research (JCAR).

Dakhi, S. (2019). The Principle and the Teaching of English Vocabulary: A Review. Journal Of English Teaching (JET). 5(1).

Fahmi, Rachmijaty (2021) Imrpving Students’ Writing Skill Using Grammaly Application for Second Grade in Senior High School. Professional Journal Of English Education (PROJECT) 4(1) 16

Farida, A., Kareviati, E. (2021). Improving Students Vocabulary Mastery Through Index Card Match Strategy. (Professional Journal of English Education), 4(5). PROJECT

Grapersz., Uktolseja (2020) Classroom Action Research in English language Learning. JurnalKependidikandanSosialKeagamaan.

Hadist, K. M., Rosdiana M. (2021) . The Implementation of Anagram Game to Improve Students’ Vocabulary Mastery at Junior High School. Journal Of English Education, 4(1), 1-10.

Herlina Lina.2018. Teachers’ Perception On Classroom Action Research In English Education Among Englsih Teachers In Ciamis West Java.Galuh University: Journal Of Applied Linguistics And Literacy (JALL). 22(1).

Indrawaty., Resty F. (2020). Using Anagram Technique to Develop Students’ Vocabulary Mastery to the Seventh Grade Students . Sustainable, 3(2) .86-96.

Kartika, D., Arjulayan., Putra, S. A. (2021). The Effect of Anagram Game on the Eighth Grade Students Vocabulary Mastery at SMP Negeri 3 Balaraja. Globia (An English-Indonesia journal for English, Educational and Culture).10(1)

Kurniawan K, L.A., Ardiansyah, W., Aryanti, N., Ujihanti, M., Risnawati., Meirani, W. (2021). Writing the Purpose Statement in Qualitative, Quantitative and Mixed Method Research. Holistic Journal 13(2).

Rasuan, Zulfikri (2017) Teaching Vocabulary Mastery by Using Systematic Game. Jurnal Tarbawy. 4(2) 196-212.

Rosadi, R. (2017). The Effectiness of Anagram Technique in Teaching Vocabulary. Voices of English Language Education Society. 1(1), 41-50.

Septian Dwi Angara (2023) Improving Vocabulary Mastery of Junior High School Students by Watching Digital Storytelling. 17(1).

Suhaimi, (2016). Teaching Writing Skill on Recount text Based on Brainstorming in the classroom. 15(1). http://ojs.iainbtusangkar.ac.id/ojs.index.php

Wren (1990) Vocabulary Development, Cambridge University Press, London.

Widianingsih, W., Jubaedah D., Syahtroh L. I. (2020). Improving Vocabulary Mastery of Tenth Grade Students Through “Broad Races” Game in SMK YPKKP Cijerah Bandung. PROJECT (Professional Journal of English Education), 3(2).

Vijayalaksmi, N. (2019). Behavior Modification Techniques – An Awareness Study.International Journal of Education, 7(2), 20-24

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Lase, I. A. T. ., Waruwu, Y. ., Zebua, E. P. ., & Harefa, A. T. . (2023). IMROVING THE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH ANAGRAM GAME AT THE TENTH GRADE OF SMK NEGERI 1 GUNUNGSITOLI BARAT IN 2022/2023. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 621–628. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18435

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.