MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER

Authors

  • Novita Dwi Astuti STKIP PGRI Metro
  • Srikandi Octaviani STKIP PGRI Metro

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18371

Keywords:

Metode, Hasil Belajar, Teori Bruner.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakngi oleh rendahnya hasil belajar matematika pada siswa di SDN 2 Purwodadi. Penelitian ini bertujuan melihat peningkatan hasil belajar matematika pada siswa di SDN 2 Purwodadi melalui penerapan model pembelajaran matematika realistik berbasis teori belajar Bruner. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif untuk mengukur data hasil belajar siswa dari hasil tes. Sedangkan data kualitatif untuk data aktivitas pembelajaran dari aktivitas siswa dan guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dari sebelum diterapkan pembelajaran matematika realistik berbasis teori Bruner yaitu 20,8% siswa yang tuntas dengan rata-rata nilai 56,3 mengalami peningkatan pada siklus I dan II. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal siswa mencapai 50% dengan nilai rata-rata kelas 63,3 dan pada  siklus  II  sudah  memenuhi kriteria  ketuntasan  yaitu  mencapai 70%  karena  sudah mencapai 79,2% dengan nilai rata-rata kelas 75,4. Diharapkan para guru dapat menggunakan metode pembelajaran disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan agar dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Aisyah, Nyimas, dkk. 2008. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: DIRJEN DIKTI.

Dimyanti dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamaludin. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didikkelas X-ATPH SMK Negeri 1 Gunungsitoli Utara. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/18278/13363.

Lasmawan. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup kelas VII SMPN 1 Ambalau. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/18144/13250

Wardhani, IGAK. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Jakarta.

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Astuti, N. D., & Octaviani, S. . (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 571–575. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18371