NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN BUDAYA ALAM MINANGKABAU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 15 BETA TONGA TUA PEJAT KEPULAUAN MENTAWAI

Authors

  • Noprijon Noprijon STAI YKI Sumbar Program Studi Pendidikan Agama Islam

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.12306

Keywords:

Nilai-nilai PAI Bam SDN 15 Betatonga Mentawai

Abstract

Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Budaya Alam Minangkabau   di suatu masyarakat sangat menentukan karakter penting dalam perkembangan kepribadian anak terkhusus di sumatera barat Sebab keberhasilan  mendidik Anak yang berkarakter ditentukan oleh orang tua dan  sekolah  sebagai penentunya  dan mengangkut hasil penerapan Budaya alam Minang Kabau ini bergantung kepada bagaimana mendidik dan metodenya  Bila guru  dan lembaganya serius dalam mendidik anak bangsa. Rumusan Masalah Penelitian ini adalah Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Budaya Alam Minangkabau di Sekolah Dasar Negeri 15 Beta Tonga Tua Pejat Kepulauan Mentawai. Sedangkan Batasan Masalah Penelitian ini adalah Bagaiman Nilai Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran Budaya Alam Minang Kabau di sekolah Dasar Negeri 15  Beta Tonga Tua Pejat Kepulauan Mentawai. Bagaiman Nilai Pendidikan Karakter  dalam Pembelajaran Budaya Alam Minangkabau di sekolah Dasar Negeri 15 Bata Tonga Tua Pejat Kepulauan Mentawai. Bagaimana Materi nilai-nilai Pendidikan karakter dalam Pembelajaran Budaya Alam Minangkabau di Sekolah Dasar Negeri 15 Bata Tonga Tua Pejat Kepulauan Mentawai

References

Abdullah Munir, Pendidikan Karakter, (Yoggyakarta: Pedagogia, 2010)

Abidin, Masoed, Trilogi Surau Silabus Surau Panduan Babaliak Ka Surau Di Era Globalisasi. Yogyakarta. Penerbit Gre Publishing 2016,

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyanto, Psikologi Belajar (Jakarta, PT Rineka Cipta ,2013)

Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Jakarta: PT.Listakwata Putra 2003).

Undang – undang RI No 20 tahun 2003, (Jakarta: BP. Cipta Jaya,2003),

Budimansyah Dasim.M. 2010. Prosiding seminar Aktualisasi Pendidikan Karakter Bangsa. Widya Aksara Press. Bandung.

Buchory, Guru Kunci Pendidikan Nasional, (Yogyakarta, PT Leotika Nouvallitera,2012)

Datoek Toeah, Telaah Tambo Adat Jakarta 1999.

https://kbbi.web.id/materi/ Diakses pada hari Rabu, tanggal 2 januari 2022/12:00

Idrus Hakimy Dt. Rajo Penghulu. Pokok-pokok Pengetahuan Adat Alam Minang Kabau. PT remaja Rosdakarya. Bandung. 2004

Mahfud Junaedi, Ilmu Pendidikan, (semarang, PT Rasan Media Grop, 2010)

Nana Sudjana.. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008),

Purwa AtmajaPrawira, Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru, (Yogyakarta: ar- Ruzzmedia ,2013)

Sumadi Suryabrata, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Raja Grafindo Persada,1998)

Syaiful bahri djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta, PT Adi Mahasatya,2010)

Sudirman N, Ilmu pendidikan, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 1992)

Downloads

Published

2023-02-14 — Updated on 2023-02-15

Versions

How to Cite

Noprijon, N. (2023). NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN BUDAYA ALAM MINANGKABAU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 15 BETA TONGA TUA PEJAT KEPULAUAN MENTAWAI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(1), 11–16. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.12306 (Original work published February 14, 2023)

Most read articles by the same author(s)