Pandangan Filsafat Konstruktivisme terhadap Konsep “Merdeka Belajar”
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9991Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman program kebijakan Kemendikbud mengenai "Merdeka Belajar" terhadap pandangan filsafat Konstruktivisme. Konstrutivisme merupakan anggapan bahwa pengetahuan merupakan konstruksi untuk diri sendiri, maksudnya ialah manusia menata pengetahuannya melalui interaksi dengan suatu objek, fenomena, pengalaman, dan lingkungan. Filsafat Konstruktivisme ini relevan dengan program yang diluncurkan oleh bapak Menteri Nadiem Makarim yaitu Merdeka Belajar yang mana di dalam Pendidikan menekankan aspek kebebasan, kemandirian, dan Lembaga Pendidikan menyesuaikan dalam memahami kompetensi peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif dengan metode studi literatur. Subjek dalam penelitian ini adalah informan kunci atau bisa dikatakan orang yang memiliki informasi terkait topik penelitian, objek penelitian ini adalah artikel yang membahas tentang pandangan filsafat Konstruktivisme terhadap konsep merdeka belajar. Pengumpulan data yaitu dengan cara mencari sumber-sumber dari buku maupun jurnal yang relevan dengan judul penelitian. Analisa data yang digunakan adalah teori dari Miles dan Huberman yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Downloads
Published
2022-12-09
How to Cite
Novelita, N. ., Desyandri, D., & Erita, Y. (2022). Pandangan Filsafat Konstruktivisme terhadap Konsep “Merdeka Belajar” . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10071–10074. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9991
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nevi Novalita, Desyandri, Yeni Erita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).