Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Tari terhadap Kecerdasan Kinestetik Pembelajaran Tari Sekolah Dasar

Authors

  • Lindri Martinopa Universitas Negeri Padang
  • Rahma Hidayanthi Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Desyandri Universitas Negeri Padang
  • Farida Mayar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4908

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang diberikan atas penggunaan Media Pembelajaran Video Tari Terhadap Kecerdasan Kinestetik Pembelajaran Tari Sekolah Dasar siswa kelas V.a di SD Negeri 07 Kampung Jawa II Kota Pariaman. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini memakai metode Pre-experimental design dengan jenis One Group Pretest-Posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas 5a di SDN O7 Kp. Jawa II kota Pariaman yaitu 23 anak. Test Wilcoxon Skor pretest dan posttest kemampuan kinestetik anak dapat diketahui bahwa nilai dari Thitung yang diperoleh yaitu 0. Taraf signifikan 5% sehingga Ttabel diperoleh dari tabel nilai kritis dalam test Wilcoxon adalah 70. Mengetahui jumlah angka yang diperoleh dari Ttabel berjumlah 70 berarti Thitung < Ttabel (0,70). Jadi, Thitung < Ttabel yaitu 0<70, maka hipotesis terhadap penelitian diterima yaitu terdapat pengaruh penggunaan media video tari terhadap kecerdasan kinestetik siswa kelas V.a SDN 07 Kp. Jawa II kota Pariaman.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Martinopa, L., Hidayanthi, R. ., Desyandri, D., & Mayar, F. . (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Tari terhadap Kecerdasan Kinestetik Pembelajaran Tari Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1553–1558. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4908

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>