Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Tari terhadap Kecerdasan Kinestetik Pembelajaran Tari Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4908Abstract
Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang diberikan atas penggunaan Media Pembelajaran Video Tari Terhadap Kecerdasan Kinestetik Pembelajaran Tari Sekolah Dasar siswa kelas V.a di SD Negeri 07 Kampung Jawa II Kota Pariaman. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini memakai metode Pre-experimental design dengan jenis One Group Pretest-Posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas 5a di SDN O7 Kp. Jawa II kota Pariaman yaitu 23 anak. Test Wilcoxon Skor pretest dan posttest kemampuan kinestetik anak dapat diketahui bahwa nilai dari Thitung yang diperoleh yaitu 0. Taraf signifikan 5% sehingga Ttabel diperoleh dari tabel nilai kritis dalam test Wilcoxon adalah 70. Mengetahui jumlah angka yang diperoleh dari Ttabel berjumlah 70 berarti Thitung < Ttabel (0,70). Jadi, Thitung < Ttabel yaitu 0<70, maka hipotesis terhadap penelitian diterima yaitu terdapat pengaruh penggunaan media video tari terhadap kecerdasan kinestetik siswa kelas V.a SDN 07 Kp. Jawa II kota Pariaman.Downloads
Published
2022-06-24
How to Cite
Martinopa, L., Hidayanthi, R. ., Desyandri, D., & Mayar, F. . (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Tari terhadap Kecerdasan Kinestetik Pembelajaran Tari Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1553–1558. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4908
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lindri Martinopa, Rahma Hidayanthi, Desyandri, Farida Mayar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).