Pengaruh Media Animasi Berbasis Project Learning terhadap Hasil Belajar IPS di SD

Authors

  • Ozzy Tiara Deksi Universitas PGRI Palembang
  • Kiki Aryaningrum Universitas PGRI Palembang
  • Ida Suryani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9382

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi berbasis project learning terhadap hasil belajar IPS Di SD. Metode penelitian yang  digunakan adalah  kuantitatif, eksperimen jenis Quasi experimental design  dengan rancangan  penelitian  Nonequivalent  Control Group Design. Populasi  dalam penelitian ini  yaitu siswa kelas  IV SD Negeri 91 Palembang.  Sampel penelitian yaitu  sebanyak 20 siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen  dan 20 siswa kelas IV B  sebagai kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini menggunakan  teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan  data yang digunakan  yaitu tes, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas, Uji homogenitas dan Uji Hipotesis. Dari hasil pengelolahan data penelitian  dengan bantuan program SPSS 22  diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 , dan  0,05  dan  = 8,090  = 1,688. Maka dapat  disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Media Animasi Berbasis Project learning  terhadap hasil belajar IPS di SD.

Downloads

Published

2022-11-27

How to Cite

Deksi, O. T. ., Aryaningrum, K. ., & Suryani, I. . (2022). Pengaruh Media Animasi Berbasis Project Learning terhadap Hasil Belajar IPS di SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6755–6760. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9382

Most read articles by the same author(s)