Penerapan Media Counting Box Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 SD Negeri 3 Tanjung Lago

Authors

  • Edi Santoso Universitas PGRI Palembang
  • Ida Suryani Universitas PGRI Palembang
  • Jayanti Jayanti Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11999

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas I SD. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dmana sampel yang diambil yaitu kelas I B di SDN 3 Tanjung Lago. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis pre eksperimental design. Metode pengumpulan data aktivitas siswa melalui dokumentasi dan observasi, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Dengan menggunakan metode the one group pretet and postest. Metode analisis data penelitian menggunakan analisi kuantitatif menggunakan uji Gain Termonalisasi. Dimana pada pemberian tes awal (pretest) diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 50,34, kemudian pada pemberian tes akhir (posttest) diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 91,72. Hasil tersebut terlihat dapat menyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dan signifikan pada penggunaan media counting box pada mata pelajaran matematika, dengan dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media counting box dapat meningkatkan hasil belajar matematikasiswa kelas I SD Negeri 3 Tanjung Lago.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Santoso, E. ., Suryani, I. ., & Jayanti, J. (2023). Penerapan Media Counting Box Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 SD Negeri 3 Tanjung Lago. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5655–5660. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11999

Most read articles by the same author(s)