Penerapan Media Counting Box Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 SD Negeri 3 Tanjung Lago
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11999Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas I SD. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dmana sampel yang diambil yaitu kelas I B di SDN 3 Tanjung Lago. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis pre eksperimental design. Metode pengumpulan data aktivitas siswa melalui dokumentasi dan observasi, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Dengan menggunakan metode the one group pretet and postest. Metode analisis data penelitian menggunakan analisi kuantitatif menggunakan uji Gain Termonalisasi. Dimana pada pemberian tes awal (pretest) diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 50,34, kemudian pada pemberian tes akhir (posttest) diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 91,72. Hasil tersebut terlihat dapat menyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dan signifikan pada penggunaan media counting box pada mata pelajaran matematika, dengan dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media counting box dapat meningkatkan hasil belajar matematikasiswa kelas I SD Negeri 3 Tanjung Lago.Downloads
Published
2023-01-30
How to Cite
Santoso, E. ., Suryani, I. ., & Jayanti, J. (2023). Penerapan Media Counting Box Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 SD Negeri 3 Tanjung Lago. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5655–5660. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11999
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Edi Santoso, Ida Suryani, Jayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).