Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Rambai

Authors

  • Ociria Ociria Universitas PGRI Palembang
  • Ilham Arvan Junaidi Universitas PGRI Palembang
  • Ida Suryani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10544

Abstract

Berdasarkan   hasil   pengamatan   dalam   pelaksanan   pembelajaran   IPS mengalami kendala dalam proses belajar mengajar seperti masalah pada kurangnya kesediaan  sarana  media   pembelajaran  di  sekolah,  guru  dalam  pembelajaran mengunakan metode konvensional, dan rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam  pembelajaran  IPS.  Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Rambai. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 62 siswa dimana terdiri dari kelas IVa sebanyak 31 siswa  dan  kelas  IVb  sebanyak  31  siswa.  Teknik  pengambilan  jumlah  sampel menggunakan total sampling yaitu mengambil semua peserta untuk peserta untuk di  jadikan  sampel,  mengingat  jumlah   hanya  62  siswa.  Pengumpulan  data menggunakan kuisioner dan nilai pada guru. Analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil perhitungan dapat diketahui bahwa hasil analisis korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar sebesar 25,9 dan ttabel sebesar 2,00. Didapatkan  bahwa  bahwa  thitung  ?  ttabel.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  ada hubungan  antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar  Negeri  1  Rambai.   Untuk  menunjukkan  sebesarapa  besar  hubungan menggunakan  uji  determinasi  motivasi  belajar  didapatkan  87%  oleh  variabel independen yaitu hasil belajar. Sedangkan 6,73% variasi hasil belajar dijelaskan oleh variabel-variabel diluar variabel independen penelitian ini.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Ociria, O., Junaidi , I. A. ., & Suryani, I. . (2022). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Rambai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12494–12499. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10544

Most read articles by the same author(s)