Keefektifan Media Audio Visual Materi Dasar- Dasar Atletik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 90 Palembang

Authors

  • Nining Anggraini Universitas PGRI Palembang
  • Rury Rizhardi Universitas PGRI Palembang
  • Ida Suryani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8990

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media audio visual materi dasar dasar atletik terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 90 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi (Quasi Experimental Design), dengan bentuk desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V A sebagai kelas control berjumlah 22 siswa dan V B sebagai kelas eksperimen berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian data yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian hasil belajar menggunakan audio visual pada materi dasar-dasar atletik dibuktikan pada tes akhir (posttest ) di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 81,4 dan di kelas control dengan nilai rata-rata 67,7. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t (Independent Sampel T-test). Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji hipotesis diperoleh bahwa nilai thitung = 3,543 >ttabel = 1,681 dengan derajat kebesaran 42 (df 42). Dengan memperhatikan criteria pengujian, yaitu probality <0,025 dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, sedangkan Ha diterima hal ini disebabkan adanya keefekfikan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V pada materi Dasar- Dasar Atletik SDN 90 Palembang.

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Anggraini, N. ., Rizhardi, R. ., & Suryani, I. . (2022). Keefektifan Media Audio Visual Materi Dasar- Dasar Atletik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 90 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4963–4972. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8990

Most read articles by the same author(s)