Pengembangan Media Replika Katak pada Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa di SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9550Abstract
Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan yang diperoleh ketika terjadi suatu proses pembelajaran. Hasil dari belajar IPA yang dapat ditunjukkan dari hasil perubahan dan tidak bisa menjadi bisa, atau peningkatan pengetahuan, pemahaman dan sikap. Bahan ajar yang digunakan guru dalam kegiatan mengajar di SD Negeri 89 Palembang hanya terpaku terhadap buku tematik dan juga media pembelajaran hanya menggunakan media gambar. Oleh karena itu, media pembelajaran harus difungsikan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar. Dengan demikian semakin menarik media pembelajaran yang digunakan guru maka semakin tinggi pula tingkat motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Metode penelitian dan pengembangan Research and Developent (R&D) merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu serta menguji nilai kefektifan dari produk yang dihasilkan, untuk mencapai tujuan dari permasalahan maka peneliti menggunakan pengembangan (development Research) model ADDIE yang dalam pencapaiannya melalui lima tahapan yaitu: ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian dan proses pengembangan media pembelajaran Replika Katak Dalam pembelajaran materi IPA kelas V SD, yang telah divalidasi (tiga dosen dan satu guru), telah diterapkan didalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan tentang media replika katak pada mata pembelajaran IPA materi organ pernapasan dan fungsinya pada hewan kelas V SD Negeri 89 Palembang yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media replika katak yang dikembangkan berdasarkan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dinyatakan valid berdasarkan hasil penilaian kevalidan menurut ahli media sebesar 83% ahli materi 87%. Media replika katak juga dinyatakan praktis berdasarkan hasil penelitian kepraktisan pada uji lapangan one to one sebesar 84% dan uji coba lapangan small group sebesar 90%.Downloads
Published
2022-11-30
How to Cite
Tira, T., Arafat, Y. ., & Aryaningrum, K. . (2022). Pengembangan Media Replika Katak pada Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa di SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7570–7578. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9550
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tira, Yasir Arafat, Kiki Aryaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).