Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Digital Suplemen SBDP Kelas 1 Tema 8

Authors

  • Aditya Wahyu Aji Pradhana Universitas PGRI Semarang
  • Rofian Rofian Universitas PGRI Semarang
  • Qoriati Mushafanah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9247

Abstract

Pembelajaran di era pandemi, guru perlu memperhatikan strategi pembelajaran selama pandemi Covid-19. Strategi pembelajaran merupakan kegiatan belajar yang harus dilakukan secara bersama-sama oleh guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien (Kemp 1995).  Semua mata pelajaran disampaikan kepada siswa dengan bantuan teknologi. Pembelajaran online menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas dan kemampuan Berbagai jenis interaksi diusulkan dalam pembelajaran. Penggunaan suplemen bahan ajar SBDP berbasis literasi digital merupakan salah satu solusi untuk membuat peserta didik mampu memahami materi pelajaran dengan baik. Latar belakang penelitian ini adalah Kurangnya bahan ajar yang sesuai dengan kondisi siswa, karena guru menerangkan materi tanpa di dukung sumber belajar dan buku pendamping belajar, sehingga siswa hanya berimajinasi untuk memahami materi tanpa ada kegiatan langsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana langkah pengembangan suplemen bahan ajar berbasis literasi digital seni budaya dan prakarya kelas I tema 8 dan bagaimana kelayakan suplemen bahan ajar berbasis literasi digital seni budaya dan prakarya kelas I tema 8. Jenis penelitian ini adalah RnD (Research and Development) dengan menggunakan 5 langkah menurut Borg and Gall yaitu: (1) Pengumpulan informasi awal, (2) Perencanaa, (3) Pengembangan bentuk awal produk, (4) Uji coba lapangan awal, dan (5) Revisi hasil uji coba. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian ini telah dikembangkan bahan ajar berupa buku cetak. Yang berbeda dari bahan ajar ini dengan bahan ajar yang lain adalah adanya penerapan QR Code disetiap sub tema. Hasil uji coba lapangan awal yang telah dilakukan dengan guru kelas I di SD Negeri 1 Plajan diperoleh 86%, SD Negeri 4 Plajan diperoleh 85%, dan SD Negeri 5 Plajan diperoleh 78%. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar dinyatakan valid dan layak digunakan.

Downloads

Published

2022-11-23

How to Cite

Pradhana, A. W. A. ., Rofian, R., & Mushafanah, Q. . (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Digital Suplemen SBDP Kelas 1 Tema 8. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6016–6023. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9247