Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Digital Suplemen SBDP Kelas I Tema 7

Authors

  • Rika Arin Trihapsari Universitas PGRI Semarang
  • Prasena Arisyanto Universitas PGRI Semarang
  • Rofian Rofian Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8938

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Kurangnya bahan ajar yang sesuai dengan kondisi siswa, karena guru menerangkan materi tanpa di dukung sumber belajar dan buku pendamping belajar, sehingga siswa hanya berimajinasi untuk memahami materi tanpa ada kegiatan langsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana langkah pengembangan suplemen bahan ajar berbasis literasi digital seni budaya dan prakarya kelas I tema 7 dan bagaimana kelayakan suplemen bahan ajar berbasis literasi digital seni budaya dan prakarya kelas I tema 7. Jenis penelitian ini adalah RnD (Research and Development) dengan menggunakan 5 langkah menurut Borg and Gall yaitu: (1) Pengumpulan informasi awal, (2) Perencanaa, (3) Pengembangan bentuk awal produk, (4) Uji coba lapangan awal, dan (5) Revisi hasil uji coba. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian ini telah dikembangkan bahan ajar berupa buku cetak. Yang berbeda dari bahan ajar ini dengan bahan ajar yang lain adalah adanya penerapan QR Code disetiap sub tema. Hasil uji coba lapangan awal yang telah dilakukan dengan guru kelas I di SD Negeri 1 Rengging diperoleh 96%, SD Negeri 2 Rengging diperoleh 96%, dan SD Negeri 4 Pecangaan diperoleh 94%. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar dinyatakan valid dan layak digunakan.

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Trihapsari, . R. A. ., Arisyanto, P., & Rofian, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Digital Suplemen SBDP Kelas I Tema 7. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4300–4306. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8938