Penerapan Media Power Point Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SD Supriyadi 02

Authors

  • Maulida Yuni Syafira Universitas PGRI Semarang
  • Khusnul Fajriyah Universitas PGRI Semarang
  • Qoriati Mushafanah Universitas PGRI Semarang
  • Karsono Karsono SD Supriyadi 02

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14111

Abstract

Penelitian ini bertujian untuk mengetahui penerapan media pembelajaran power point interaktif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD Supriyadi 02. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Dalam pengambilan data menggunakan teknik observasi dan soal test. Hasil penelitian ini yaitu dalam pembelajaran menggunakan power point interaksi dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Pada penelitian eksperimen mendapatkan peningkatan yang terjadi sebelum dan sesudah menggunakan power point interaktif. Peningkatan itu dapat dilihat dari hasil rata-rata sebelum menggunakan power point interaktif yaitu sebesar 70,85 dan rata-rata nilai sesudah menggunakan power point interaktif yaitu sebesar 84,21. Berdasarkan uji signifikansi (uji t) diperoleh t hitung sebesar -10,557 dan t tabel sebesar 2,052, hal ini menunjukkan bahwa – t hitung < - t tabel, dengan  nilai signifikansi sebesar 0,000000000000005 yang mana 0,000000000000005 < 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan power point interaktif di kelas III SD Supriyadi 02.

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Yuni Syafira, M. ., Fajriyah, K. ., Mushafanah, Q. ., & Karsono, K. (2023). Penerapan Media Power Point Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SD Supriyadi 02 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4606–4612. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14111