Analisis Dampak Dari Penggunaan Media Congklak Ditinjau Dari Kemampuan Numerasi Pada Siswa Kelas II Sdn 04 Kabunan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12544Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari penggunaan media congklak ditinjau dari kemampuan numerasi pada siswa kelas II SDN 04 kabunan, Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak dari penggunaan media congklak ditinjau dari kemampuan numerasi pada siswa kelas II SDN 04 Kabunan. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 04 Kabunan. Sasaran peneliti mengenai dampak dari penggunaan media congklak ditinjau dari kemampuan numerasi pada siswa kelas II SDN 04 Kabunan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Pengecekan data dengan cara perpanjangan pengamatan, triangulansi dan menggunakan bahan referensi. Sedangkan teknik analisis data melalui proses mencari dan menyusun data secara sistematis dari awal peneliti terjun kelapangan sampai akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media permainan congklak dapat memberikan dampak yang positif dan dapat terlaksanakanya kemampuan numerasi. Dalam proses pembelajaran siswa lebih fokus dan aktif. Saran yang dapat disampaikan adalah dalam proses pembelajaran diharapkan guru lebih inovatif menggunakan media pembelajaran. Karena media pembelajaran sendiri sangat efektif terhadap minat belajar siswa menjadi tertarik mengikuti pembelajaran. Agar tercapainya pembelajaran yang maksimal.Downloads
Published
2023-03-03
How to Cite
Zulfiqor, I., Rofian, R., & Kartinah, K. (2023). Analisis Dampak Dari Penggunaan Media Congklak Ditinjau Dari Kemampuan Numerasi Pada Siswa Kelas II Sdn 04 Kabunan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 79–91. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12544
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ilham Zulfiqor, Rofian Rofian, Kartinah Kartinah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).