Analisis Dampak Dari Penggunaan Media Congklak Ditinjau Dari Kemampuan Numerasi Pada Siswa Kelas II Sdn 04 Kabunan

Authors

  • Ilham Zulfiqor Universitas PGRI Semarang
  • Rofian Rofian Universitas PGRI Semarang
  • Kartinah Kartinah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12544

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari penggunaan media congklak ditinjau dari kemampuan numerasi pada siswa kelas II SDN 04 kabunan, Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak dari penggunaan media congklak ditinjau dari kemampuan numerasi pada siswa kelas II SDN 04 Kabunan. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 04 Kabunan. Sasaran peneliti mengenai dampak dari penggunaan media congklak ditinjau dari kemampuan numerasi pada siswa kelas II SDN 04 Kabunan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Pengecekan data dengan cara perpanjangan pengamatan, triangulansi dan menggunakan bahan referensi. Sedangkan teknik analisis data melalui proses mencari dan menyusun data secara sistematis dari awal peneliti terjun kelapangan sampai akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media permainan congklak dapat memberikan dampak yang positif dan dapat terlaksanakanya kemampuan numerasi. Dalam proses pembelajaran siswa lebih fokus dan aktif. Saran yang dapat disampaikan adalah dalam proses pembelajaran diharapkan guru lebih inovatif menggunakan media pembelajaran. Karena media pembelajaran sendiri sangat efektif terhadap minat belajar siswa menjadi tertarik mengikuti pembelajaran. Agar tercapainya pembelajaran yang maksimal.

Downloads

Published

2023-03-03

How to Cite

Zulfiqor, I., Rofian, R., & Kartinah, K. (2023). Analisis Dampak Dari Penggunaan Media Congklak Ditinjau Dari Kemampuan Numerasi Pada Siswa Kelas II Sdn 04 Kabunan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 79–91. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12544

Most read articles by the same author(s)