Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Seni Budaya Dan Prakarya Tema 5 Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Authors

  • Ghaisani Arta Pramesi Universitas PGRI Semarang
  • Fajar Cahyadi Universitas PGRI Semarang
  • Rofian Rofian Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7083

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya sumber referensi bagi guru dalam mengembangkan kemampuan motorik (kreatifitas) siswa, sehingga belum mampu memberikan kesempatan menggali kemampuan siswa untuk menyampaikan atau mencari berbagai ragam seni, dan budaya yang ada. Diharapkan dengan pengembangan suplemen bahan ajar seni budaya dan prakarya tema 5 pada siswa kelas 1 sekolah dasar ini mampu memberikan jawaban dari rumusan masalah: 1) Bagaimanakah langkah pengembangan suplemen bahan ajar seni budaya tema 5 kelas 1 untuk mendampingi proses pembelajaran? 2) Bagaimanakah kualitas pengembangan suplemen bahan ajar seni budaya dan prakarya tema 5 kelas 1?. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan jenis Research and Development. Yang dilaksanakan di SDN Gayamsari 02 Kota Semarang, SDN Kalibanteng Kidul 01  Kota Semarang, SDN Ngemplak Simongan 01 Kota Semarang. Subjek penelitian ini adalah ke-4 (empat) guru dari tiga Sekolah Dasar di Kota Semarang. Hasil uji coba lapangan awal yang telah dilakukan pada penilaian oleh guru didapatkan presentase rata-rata 90%  dengan kategori “Sangat Baik”.

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Pramesi, . G. A. ., Cahyadi, . F. ., & Rofian, R. (2022). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Seni Budaya Dan Prakarya Tema 5 Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3116–3124. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7083