Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powerpoint terhadap Hasil Belajar pada Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Siswa Kelas V SD Negeri 122380 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9095Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio-visual berbasis powerpoit terhadap hasil belajar pada pada Pada Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan siswa kelas V SD Negeri 122380 Pematangsiantar. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan One Group Pretest-posttest design. Dalam penelitian ini yang dijadikan sebagai populasi adalah seluruh siswa kelas V semester ganjil SD Negeri 122380 Pematangsiantar tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan peneliti menarik kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis powerpoint berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan kelas V SD Negeri 122380 Pematangsiantar. Kesimpulan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil analisis data yakni melalui uji hipotesis yang telah dilakukan oleh peneliti dan diperoleh data t(hitung ) yaitu 11,36 dan t(tabel ) yaitu 2,048 maka diperoleh t(hitung )> t(tabel )atau 11,36 > 2,048 maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dimana H1 Ada pengaruh media pembelajaran audio-visual berbasis powerpoint terhadap hasil belajar pada Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan siswa kelas V SD Negeri 122380 Pematangsiantar.Downloads
Published
2022-11-19
How to Cite
simarmata, G. viani enjelia ., Sinaga, C. V. ., & Thesalonika, E. . (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powerpoint terhadap Hasil Belajar pada Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Siswa Kelas V SD Negeri 122380 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5138–5145. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9095
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Grace viani enjelia simarmata, Christa Voni Sinaga, Emelda Thesalonika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).