Pengaruh Alat Peraga Jaring-Jaring terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD NEGERI 124385 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8689Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 124385 Pematangsiantar. Berdasarkan observasi yang diperoleh bahwa pada kegiatan proses pembelajaran guru belum menggunakan alat peraga yang konkret. Alat peraga adalah benda konkret yang dapat membantu siswa memahami materi matematika. Alat Peraga yang digunakan adalah Jaring-Jaring pada materi kubus dan balok. Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas V SD Negeri 124385 Pematangsiantar. Jenis penelitian kuantitatif dengan “Metode penelitian Eksperimen” dengan design penelitian “Pre-experimental” bentuk pretest dan posttest Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eskperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat peraga Jaring-Jaring terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 124385 Pematangsiantar. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah murid kelas V sebanyak 30 siswa, siswa laki – laki 18 orang dan siswa perempuan 12 orang. Saat diberikan pretest diketahui rata – rata hasil belajar yaitu 62,4, setelah diberikan perlakuan kemudian dilakukan posttest diketahui rata-rata hasil belajar 84,13. Untuk menguji signifikann dengan cara membandingkan thitung dengan ttabel. Pada taraf signifikan 5 % diperoleh t tabel sebesar 16,99 kemudian dibandingkan dengan ttabel 18,37 maka dapat diketahui bahwa t hitung lebih dari t tabel yaitu 18,37 > 16,99. Dengan demikian berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelompok sampel. Maka hipotesis ha diterima dan ho ditolak, artinya terdapat pengaruh alat peraga jaring-jaring terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V UPTD SD Negeri 124385 Pematangsiantar.Downloads
Published
2022-11-11
How to Cite
Siahaan, L. S. ., Sinaga, C. V. ., & Thesalonika, E. . (2022). Pengaruh Alat Peraga Jaring-Jaring terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD NEGERI 124385 Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3065–3075. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8689
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ledy Suryani Siahaan, Christa Voni Sinaga, Emelda Thesalonika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).