Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Authors

  • Lara Kumala Sari Universitas PGRI Palembang
  • Rury Rizhardi Universitas PGRI Palembang
  • Mega Prasrihamni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5509

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca siswa kelas I Sekolah Dasar. Varibel bebas dari penelitian ini yaitu media kartu kata bergambar dan varibel terikat yaitu kemampuan membaca. Metode penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest Posttest Desain. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Hasil perhitungan analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil pretest sebesar 51,30 dan nilai rata-rata posttest sebesar 82,40 hal tersebut menunjukan bahwa terjadi peningkatan dalam kemampuan membaca siswa kelas I di SD Negeri 11 Semende Darat Tengah. Pada pengujian hipotesis diperoleh nilai  atau 1,85  1,729, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca siswa kelas I SD Negeri 11 Semende Darat Tengah.

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Sari, L. K., Rizhardi, R. ., & Prasrihamni, M. . (2022). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1576–1581. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5509

Most read articles by the same author(s)