Pengembangan Buku Cerita Bergambar Pemburu Mamut Untuk Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar

Authors

  • Ahmad Syafei Universitas PGRI Palembang
  • Dian Nuzulia Armariena Universitas PGRI Palembang
  • Sylvia Lara Syaflin Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8860

Abstract

Hal yang menjadi latar belakang peneliti yaitu pada SD Negeri 68 Palembang di kelas III yang mana media yang menarik minat siswa dalam proses pembelajaran sangat minim di gunakan atau di terapkan serta teknologi yang belum di manfaatkan semaksimal mungkin. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan buku cerita bergambar pemburu mamut berbasis digital untuk siswa kelas III di sekolah dasar yang valid, praktis, serta memiliki efek potensial. Adapun metode penelitian ini yaitu Research and Development dengan menggunakan model Borg and Gall yang sudah dimodifikasi oleh Sugiyono dan dideskripsikan secara terperinci dari tahap GBIM, flowchart, pengembangan produk validasi para ahli materi, media dan bahasa, serta pengujian kepada siswa. Hasil analisis data menunjukkan buku cerita bergambar pemburu mamut berbasis digital termasuk kategori “sangat valid” berdasarkan lembar angket validasi para ahli dengan nilai rata-rata 88,5 % dan termasuk kategori “sangat praktis” berdasarkan pengujian skala kecil dengan lembar angket siswa dengan nilai rata-rata 83% serta termasuk katergori “sangat efektif” berdasarkan pengujian skala besar dengan memberikan soal berupa protest dengan nilai rata-rata 80%, maka dari itu disimpulkan penggunaan buku cerita bergambar pemburu mamut berbasis digital layak digunakan dalam proses belajar mengajar.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Syafei, . A. ., Armariena, D. N. ., & Syaflin , S. L. . (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Pemburu Mamut Untuk Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4019–4025. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8860