Pengaruh Model Talking Chips (Kancing Gemerincing) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV pada Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku

Authors

  • Shelly Fitricia Universitas PGRI Palembang
  • Farizal Imansyah Universitas PGRI Palembang
  • Sylvia Lara Syaflin Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8138

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model talking chips (kancing gemerincing) terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV pada subtema indahnya keragaman budaya negeriku. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental tipe control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas I – VI SD Negeri 7 Banyuasin I. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling purposive dimana sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas IV yang terdiri dari kelas IV.A (kelas kontrol) sejumlah 30 peserta didik dan kelas IV.B (kelas eksperimen) sejumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes. Dari hasil perhitungan diperoleh rata-rata nilai pretest kelas eksperimen = 41,2 sedangkan rata-rata nilai pretest kelas kontrol = 38,3. Untuk rata-rata nilai posttest kelas eksperimen = 72 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol = 58,17. Sedangkan melalui uji hipotesis didapatkan  = 4,31 dan  = 2,002 dengan taraf signifikan 0,05. Karena  maka  ditolak dan  diterima, artinya ada pengaruh model talking chips (kancing gemerincing) terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV pada subtema indahnya keragaman budaya negeriku.

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Fitricia, S. ., Imansyah, F. ., & Syaflin, S. L. . (2022). Pengaruh Model Talking Chips (Kancing Gemerincing) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV pada Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 245–251. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8138