Pengembangan Ensiklopedia Digital Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5511Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan ensiklopedia digital tema indahnya keragaman di negeriku kelas IV SD untuk mata pelajaran IPS pada materi keragaman suku bangsa, bahasa daerah, agama, rumah adat, pakaian adat dan aktivitas ekonomi di Indonesia. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall modifikasi oleh Sugiyono yang terdiri dari 10 tahapan, yaitu: tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian/kelayakan, revisi produk dan produk masal (ensiklopedia digital). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Hasil validasi oleh 3 ahli/pakar yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa memperoleh presentase 92,8% menunjukkan bahwa ensiklopedia digital yang dikembangkan masuk dalam kriteria “sangat valid”. Tingkat kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon siswa kelas IV SD memperoleh presentase 95,15% menunjukkan bahwa ensiklopedia digital yang dikembangkan masuk dalam kriteria “Sangat Praktis”. Sementara itu efek potensial diperoleh dari hasil tes belajar siswa mendapatkan presentase 83,3% menunjukkan bahwa ensiklopedia digital yang dikembangkan masuk dalam kriteria “Sangat Efektif”. Dengan demikian pengembangan ensiklopedia digital tema indahnya keragaman di negeriku kelas IV SD Negeri 138 Palembang Valid, Praktis dan memiliki efek potensial.Downloads
Published
2022-07-21
How to Cite
Melati, R. ., Selegi, S. F. ., & Syaflin, S. L. . (2022). Pengembangan Ensiklopedia Digital Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1570–1575. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5511
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rima Melati, Susanti Faipri Selegi, Sylvia Lara Syaflin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).